Mulai Minggu Depan, Bawaslu Kota Tangerang Akan Turunkan APK – Warga Berita

Img 20231116 Wa0017.jpg

TANGERANG, Warga Berita – Menjamurnya alat peraga kampanye (APK) di jalan protokol di Kota Tangerang sebelum masa kampanye mendapat perhatian Bawaslu Kota Tangerang.

Dalam waktu dekat, seluruh APK tersebut akan diturunkan. Terlebih saat ini belum memasuki tahapan masa kampanye para calon legislatif (caleg).

Ketua Bawaslu Kota Tangerang Kamarullah menatakan, pihaknya telah membuat imbauan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Satpol PP Kota Tangerang terkait APK yang melanggar. Rencannya, pada Jumat dan Sabtu,  17-18 November 2023, pihaknya akan melakukan rapat dengan seluruh kecamatan se-Kota Tangerang untuk kegiatan penurunan APK.   

“Rencananya Jumat dan Sabtu kami akan melakukan rapat dengan seluruh kecamatan untuk membahas penurunan APK tersebut,” ujarnya ketika dihubungi Warga Berita, Kamis 16 November 2023.

Kamarullah mengatakan, berdasarkan komunikasi yang telah dilakukannya pihak partai politik (parpol) dan Satpol PP Kota Tangerang bersedia membantu menurunkan APK yang melanggar.

“Insya Allah minggu depan kita sudah melakukan penurunan APK yang melanggar,” tambahnya.

Kamarullah mengatakan, pihaknya belum mendapat informasi dari KPU Kota Tangerang mengenai lokasi yang diperbolehkan dalam pemasangan APK saat masa kampanye tiba.

“Kami masih menunggu keputusan dari KPU Kota Tangerang terkait lokasi mana saja yang diperbolehkan memasang APK,” tambahnya.

Kamarullah mengaku sudah menyampaikan kepada KPU agar tidak memperbolehkan pemasangan APK pada loaksi yang dilarang. Salah satunya pada tempat ibadah dan sekolah. “Kami berharap, kalau bisa berikan lokasi yang strategis untuk pemasangan APK untuk kawan-kawan parpol,” tambahnya.

Ditanya mengenai sanksi bagi caleg yang melanggar dalam pemasangan APK, pihak Bawaslu Kota Tangerang mengaku akan melakukan pembinaan terhadap caleg tersebut.

“Ya pertama kita lakukan pembinaan terlebih dahulu. Kita panggil yang bersangkutan ke Panwascam untuk kita berikan peringatan agar meraka paham aturannya. Kalau masih membandel juga kita akan berikan sanksi sesuai dengan aturan perundang-undangan,” tegasnya.

Pantauan langsung, berbagai APK dan baliho para caleg dan capres beterbaran di Jalan Teuku Umar, Kecamatan Karawaci belum mendapat tindakan dari Bawaslu Kota Tangerang.

Ketua KPU Kota Tangerang Ahmad Syailendra mengatakan, penentuan lokasi pemasangan APK sedang dalam proses. “On progress Bang, nanti kita sampaikan jika sudah kita sepakati. Rencananya sebelum tahapan kampanye dimulai. Insya Allah minggu depan sudah fix. Karena kita akan koordinasikan ke pemda dan parpol,” pungkasnya.

Reporter: Angger Gita Rezha
Editor: Aas Arbi

By admin

Leave a Reply