KPU Banten Umumkan Bank Penampung Dana Hibah Pilkada Pekan Ini – Warga Berita

Img 20231116 Wa0021.jpg

SERANG, Warga Berita – KPU Provinsi Banten pada pekan ini akan mengumumkan bank penampung dana hibah pemilihan kepala daerah (pilkada) Banten tahun 2024 senilai Rp499 milliar.

Penetapan bank penampung dana hibah ini dilakukan usai KPU menggelar beauty contest yang diikuti oleh delapan bank pada Senin, 13 November 2023.

Agus Muslim, Kepala Devisi hukum dan Pengawasan KPU Banten, mengatakan, saat ini pihaknya tengah meneliti dengan cermat setiap kadidat bank penampung dana hibah pilkada.

“Mudah-mudahan kita minggu ini sudah bisa mengumumkan banknya,” kata Agus kepada Warga Berita, Kamis 16 November 2023.

Agus menerangkan, terdapat beberapa hal yang jadi pertimbangan pihaknya dalam menentukan bank penampung dana hibah, seperti kriteria bank yang harus memiliki pelayanan prima dan juga reward dari pihak bank kepada KPU.

Pada beauty contest, Agus mengakui kedelapan bank yang jadi kandidat sudah melakukan presentasi dan menawarkan berbagai reward kepada KPU.

“Variatif sih kang. Untuk reward-nya kita akan sesuaikan dengan kebutuhan KPU,” ucapnya.

Namun, Agus tidak bisa menjelaskan lebih jauh tentang reward yang ditawarkan dan kebutuhan reward KPU.

“Izin Kang, kalau isi materi seleksinya belum bisa saya sampaikan, karna hasilnya belum bisa putuskan,” jelasnya.

Sebelumnya, KPU mengundang sembilan bank yang menjadi kadidat penampung dana hibah Pilkada 2024, kesembilan bank itu yakni Bank BRI, Bank BTN, Bank BNI, Bank BJB, Bank BJB Syariah, Bank KB Bukopin, Bank Syariah Indonesia (BSI), dan Bank Banten. Namun, dari sembilan bank hanya delapan bank yang hadir dalam beauty contest.

Berdasarkan dokumen yang diterima Warga Berita, tersadapat sejumlah kiteria yang harus dipenuhi oleh pihak bank agar dapat menampung dana hibah pilkada yakni tidak memiliki benturan kepentingan dengan pasangan calon, tim kampanye, dan tim sukses pasangan calon/pihak yang berkepentingan dalam pelaksanaan pemilihan.

Dapat memberikan jaminan terhadap keamanan dan kelancaran
dalam penyimpanan, pendistribusian, dan penyaluran dana hibah pemilihan, paling rendah sampai dengan tingkat kecamatan dalam wilayah yang akan melaksanakan pemilihan.

Juga pihak bank wajib memberikan bunga/jasa giro atas dana hibah pemilihan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Selain pelayanan prima, pihak bank juga harus memberikan reward fasilitas berupa barang atau jasa (barjas) dan juga uang kepada KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota.

Reporter : Yusuf Permana
Editor: Aas Arbi

By admin

Leave a Reply