Target Pendapatan Cilegon Tahun Depan Melambung – Warga Berita

Whatsapp Image 2023 11 20 At 13.32.57.jpeg

CILEGON,Warga Berita-Target Pendapatan Kota Cilegon tahun 2024 melambung. Pada APBD Kota Cilegon tahun anggaran 2024, sektor pendapatan sebesar Rp2,32 triliun.

Melambungnya target pendapatan Kota Cilegon terungkap dalam Rapat Paripurna Persetujuan Raperda APBD Kota Cilegon Tahun 2024 menjadi Perda di kantor DPRD Kota Cilegon, Senin 20 November 2023.

Walikota Cilegon Helldy Agustian dalam sambutannya menjelaskan, berdasarkan hasil pembahasan bersama, untuk mendukung program pembangunan pada APBD Kota Cilegon tahun anggaran 2024, estimasi pada sektor pendapatan daerah Kota Cilegon ditargetkan sebesar Rp2,32 triliun.

Pendapatan ini meningkat sebesar Rp108,7 miliar dari target sebelum pembahasan yang bersumber dari peningkatan target Pendapatan Asli Daerah (PAD), pendapatan pajak daerah dan pendapatan penerimaan dana transfer perimbangan diluar Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik, Dana Insentif Daerah (DID) dan Bantuan Keuangan (Bankeu).

Dibandingkan target pendapatan daerah reguler di tahun ini, target pendapatan ini naik sebesar Rp337,3 miliar.

Khusus untuk PAD, lanjut Helldy, target pendapatan pun naik hingga lebih dari Rp1 triliun.

“Total PAD naik, kurang lebih Rp1,175 triliun itu berikut dengan retribusi,” ujar Helldy usai paripurna.

Menurut Helldy, kenaikan target pendapatan itu guna membiayai program pemerintah baik yang bersifat pembangunan infrastruktur maupun pelayanan kepada masyarakat.

Ada beberapa program yang jadi prioritas di tahun depan, diantaranya, selain infrastruktur, adalah realisasi 10 program prioritas, kenaikan honor THL sekira 10 persen, dan RSUD Kota Cilegon.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kota Cilegon Dana Sujaksani menjelaskan, terkait PAD, untuk merealisasikan target masih mengandalkan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan juga Pajak Bumi Bangunan (PBB).

Menurutnya, terkait BPHTB, ada beberapa potensi transaksi perusahaan besar yang bisa menjadi pemasukan daerah tahun depan.

“Tahun ini BPHTB mulai naik, ketika ada potensi maka BPHTB akan daik, PBB baru naik tahun ini, tiga tahun gak naik,” ujarnya. (*)

Reporter Bayu Mulyana
Editor: Agung S Pambudi

By admin

Leave a Reply