8 Tim PKM UNSOED Ikuti Karantina Menuju PIMNAS Ke-36

Hijab

[unsoed.ac.id, Sen, 20/11/23] Pimnas merupakan kegiatan puncak pertemuan nasional antar Universitas di Indonesia dari ajang bergengsi Pekan Kreatif Mahasiswa yang dilaksanakan setiap tahunnya. Pada pimnas ke-36 tahun 2023 yang akan diselenggarakan pada 26 November – 1 Desember 2023 di Universitas Padjajaran, Bandung. Sebanyak 8 tim dari kontingen Unsoed yang berhasil lolos dengan 5 tim berasal dari skema PKM RE dan 3 tim skema PKM K.

Dalam memfasilitasi tim lolos pimnas, Tim dosen fasilitator PKM dan satgas mahasiswa PKM Center berkolaborasi dengan tim kemahasiswaan Universitas Jenderal Soedirman, menggelar kegiatan Karantina Generasi Kreatif Soedirman Menuju Pimnas Ke-36.

Acara ini dilaksanakan selama 3 hari, pada 18-20 November 2023 yang bertempat di Hotel Braling Purbalingga. Sebanyak 32 mahasiswa anggota tim lolos pimnas beserta dosen pendamping mengikuti karantina pimnas tersebut. Selama proses karantina, tim akan dilatih teknik presentasi, teknik menjawab pertanyaan dari juri, review poster hingga review artikel ilmiah.

Acara ini juga dihadiri oleh Dr. Norman Arie Prayogo, S.Pi, M.Si, selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jenderal Soedirman yang memberikan dukungan serta penguatan kepada tim lolos Pimnas ke-36.

Adapun tim PKM Unsoed yang lolos Pimnas yaitu sebagai berikut:

  1. Enkapsulasi Ekstrak Rumput Gajah (Pennisetum pupureum) dengan Kitosan Sebagai Antioksidan dan Anti Hiperkolesterol yang diketuai oleh Ai Wanda Aprillia.
  2. Potensi Senyawa C-4-hidroksi-3- metoksifenilkaliks[4]pirogalolarena Sebagai Alternatif Antidotum Komersial Dalam Mengatasi Keracunan Timbal yang diketuai oleh Gibran Syaillendra Wiscnu Murti.
  3. Efektifitas Oral Patch Ekstrak Bunga Telang dalam Proses Penyembuhan Luka Pasca Ekstraksi Gigi pada Tikus Sprague dawley yang diketuai Rahma Ika Amalia.
  4. Konstruksi Primer Spesifik untuk Deteksi Gen MYB sebagai Regulator Biosintesis Antosianin Pembentuk Pola Warna pada Aglaonema yang diketuai oleh Wita Yuningsih.
  5. Potensi Bakteri Pendegradasi Selulosa dari Limbah Tongkol dan Kulit Jagung (Zea Mays L.) sebagai Dekomposer Limbah Organik yang diketuai oleh Aprilia Fatmawati.
  6. Inovasi Tablet Effervescent Buah Pedada dan Daun Sirsak sebagai Imunostimulan Guna Mencegah Penyakit Kanker Tulang yang diketuai oleh Khairina Rahmania Prayoga Putri
  7. Sustainable Packing Foam Sebagai Alternatif Bahan Packing Bersifat Biodegradable Dan Compostable yang diketuai oleh Nishrina Khoirunnisa Salsabila
  8. Komposit Biomaterial sebagai Alternatif Perisai Mini Elektromagnetik Universal dengan Penerapan Estetika Batik Banyumas yang diketuai oleh Mahila Asana.

#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia

 

By admin

Leave a Reply