Nasional

Pemprov Banten Usulkan 10 Ribu Bantuan Rice Cooker Gratis – Warga Berita

Ilustrasi Istock 1.jpeg

SERANG, Warga Berita – Pemprov Banten mengusulkan 10.466 calon penerima bantuan alat masak berbasis listrik (AML) atau rice cooker gratis ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Pembagian rice cooker gratis ke masyarakat Banten direncanakan akan dilakukan pada Desember 2023.

Plt Kepala Dinas ESDM Banten Deri Dariawan mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan usulan tersebut ke Kementerian ESDM. “Usulan yang kami serahkan ada sebanyak 10 ribu pebih calon penerima rice cooker gratis,” ujar Dedi, Jumat, 17 November 2023.

Ia menjelaskan, data calon penerima manfaat yang diusulkan sudah sesuai kriteria. Yakni, masyarakat yang rumahnya menggunakan daya listrik golongan 450 watt, 900 watt, dan 1.300 watt yang belum memiliki rice cooker.

“Data keluarga yang belum memiliki dan menggunakan alat masak listrik yang divalidasi pihak kelurahan/desa,” ungkapnya.

Berdasarkan data, Kabupaten Tangerang paling banyak warga yang diusulkan mendapatkan bantuan rice cooker gratis sebanyak 4.250 kepala keluarga. Kemudian, Kabupaten Serang 2.232 kepala keluarga, Kabupaten Lebak ada 1.726 kepala keluarga, Kabupaten Pandeglang 1.506 kepala keluarga, dan Kota Serang 332 kepala keluarga. Selain itu, pihaknya juga mengusulkan cadangan 450 unit.

Deri mengungkapkan, saat ini Kementerian ESDM sedang melakukan verifikiasi calon penerima agar valid dan segera didistribusikan. Sehingga, saat bantuan dikirimkan sudah sesuai dengan by name by address dan tepat sasaran.

Diketahui, pembagian rice cooker gratis sesuai Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik bagi Rumah Tangga. Program tersebut bertujuan untuk menjamin akses energi bersih yang terjangkau, andal, dan berkelanjutan.

Selain itu, program pembagian rice cooker gratis ini juga bertujuan untuk mengurangi impor Liquified Petroleum Gas (LPG) yang digunakan untuk memasak. Kemudian, meningkatkan konsumsi listrik per kapita, serta mendukung teknologi memasak yang lebih bersih. Pemerintah melalui Kementerian ESDM menargetkan pada 2023 dapat menyalurkan AML sebanyak 500 ribu unit AML.

Reporter: Rostinah
Editor : Aas Arbi

Shares:

Leave a Reply