Nasional

Kota Serang Bakal Perketat Pengiriman Hewan Kurban dari Luar Daerah – Warga Berita

SERANG,Warga Berita-Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Serang akan melakukan pengetatan terhadap hewan kurban yang hendak masuk ke Kota Serang.

Pengetatan itu berupa pengecekan terhadap hewan kurban yang datang dari luar daerah. Pengecekan hewan kurban itu, dilakukan sebagai rutinitas dan kegiatan wajib yang dilaksanakan oleh mereka menjelang Idul Adha.

Kepala DKP3 Kota Serang Sony August mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan tim untuk melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban.

“Kita pasti turun ke lapangan untuk mengecek kesehatan hewan, itu tugas kami. Untuk sementara, saya mendapatkan laporan beberapa itu kondisinya masih tahap monitoring di survei untuk veteriner (penyakit hewan-red). Ini posisinya masih aman,” ujar Sony, Rabu 15 Mei 2024.

Sony menuturkan, pengecekan penyakit pada hewan kurban menjelang lebaran Idul Adha 2024 ini masih sekitar penyakit mulut dan kuku (PMK). Sebab, hewan kurban dinilai rentan terkena PMK.

“Untuk pengecekan kesehatan, kita masih dalam posisi penyakit kuku, mulut, dan hidung atau PMK,” katanya.

Selain memeriksa hewan kurban yang berasal dari Kota Serang, pihaknya juga akan melakukan pengecekkan hewan kurban yang dikirim dari luar daerah Kota Serang.

Setiap hewan kurban yang akan masuk ke Kota Serang, lanjut Sony, wajib disertai dengan surat kesehatan dari daerah asal pengirim serta dilakukan pengecekkan kembali oleh DKP3 Kota Serang.

“Segala hewan yang akan masuk ke Kota Serang semuanya harus ada izin dari kita dan surat kesehatan dari daerah pengirim. Kita pun di sini akan periksa kembali,” tuturnya.

Dijelaskan Sony, untuk hewan kurban yang berada di lapak-lapak Kota Serang, pihaknya sudah membentuk tim yang nantinya akan diturunkan ke semua lapak hewan kurban di Kota Serang.

“Semua nanti akan kami cek kita bagi tim, dan itu di setiap lapak hewan kurban. Itu sudah rutinitas kita untuk kesehatan hewan. Kalau misalkan terdapat hewan terjangkit penyakit segala macam, itu langsung di karantina,” katanya.

Menurutnya, pengecekkan terhadap hewan kurban itu akan dilakukan oleh mereka dua pekan sebelum Idul Adha.

“Kemarin kita buat tim. Pengecekkan dilakukan dari sekarang sejak dua minggu sebelumnya,” ujarnya. (*)

Reporter: Nahrul Muhilmi
Editor: Agung S Pambudi

Shares:

Leave a Reply