Delapan Hari Hilang di Pulau Panaitan, Nelayan Asal Pandeglang Mengaku Ditolong Dua Ekor Burung – Warga Berita

Img 20231119 Wa0030.jpg

Warga Berita – Misteri hilangnya seorang nelayan, Yatna (35), warga Kampung Bengkok, Desa Tunggaljaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, yang hilang di perairan Pulau Panaitan di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) akhirnya menemukan titik terang.

Kepala Balai TNUK, Ardi Andono mengatakan, berdasarkan laporan dari keluarga, Yatna mungkin mengalami kesurupan dan melarikan diri ke dalam hutan.

Setelah 8 hari hilang, upaya pencarian oleh Tim gabungan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) bersama warga akhirnya membuahkan hasil. Selama di dalam hutan, Yatna diketahui dibantu oleh 2 ekor burung, memberinya makanan selama masa hilangnya.

Asrani, anggota tim yang pertama menemukan Yatna, menceritakan bahwa pada Sabtu pagi, mereka berhasil menemukannya sekitar pukul 09.30 WIB. Yatna ditemukan duduk sambil memanggil rekannya yang sedang mencari keberadaannya. Tim dan masyarakat segera merangkulnya dan mencari tempat istirahat sejenak.

“Yatna ditemukan di hutan Kadam, masih wilayah Pulau Panaitan. Dia menceritakan bahwa selama 4 hari itu, dia kehilangan kesadaran,” ungkap Asrani pada hari Minggu, 19 November 2023.

“Setelah itu, dia menyadari bahwa selama berada di dalam hutan, dia diberi makanan oleh 2 ekor burung, yakni burung Gagak dan burung Ciung Wanara,” sambungnya.

Dengan kerja keras tim dan bantuan dari warga, Yatna akhirnya berhasil ditemukan dan dibawa pulang oleh tim serta warga ke rumahnya dalam keadaan baik dan sehat.

Sementara itu, Sekretaris Desa (Sekdes) Tunggaljaya menyatakan bahwa kejadian seperti ini adalah yang pertama kali dialami oleh warganya.

“Dengan syukur, saudara Yatna telah ditemukan dalam keadaan sehat walafiat dan kini bisa berkumpul kembali dengan keluarganya,” ujarnya.

Mewakili Kepala Desa, dia memberikan imbauan kepada warga yang berencana bepergian ke wilayah tertentu, termasuk Pulau Panaitan, untuk selalu berhati-hati, mempersiapkan diri dengan baik, menjaga kesehatan, serta merawat keamanan dan kenyamanan lingkungan sekitar.

Reporter: Moch Madani Prasetia
Editor: Abdul Rozak

By admin

Leave a Reply