Nasional

Tim Gabungan TNUK Temukan Nelayan Hilang di Pulau Panaitan – Warga Berita

Whatsapp Image 2023 11 18 At 14.59.07.jpeg

PANDEGLANG,Warga Berita-Tim gabungan Taman Nasional Ujung Kulon menemukan Yatna (35) seorang nelayan warga Kampung Bengkok, Desa Tunggaljaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang yang sebelumnya dilaporkan hilang di perairan Pulau Panaitan, Sabtu 18 November 2023 sekira pukul 10.30 WIB.

Yatna sebelumnya dilaporkan hilang di Pulau Panaitan, Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, sejak Sabtu, 11 November 2023 malam.

Menurut Kepala Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) Ardi Andono, kronologi awalnya bermula dari Kapten Kapal Madsuri dan ABK bernama Yatna pada tanggal 8 November melakukan perjalanan ke Pulau Panaitan.

“Menggunakan perahu Ketinting berangkat menuju Pulau Panaitan untuk melakukan penjemputan petani kelompok madu. Yang berdasarkan dokumen perizinan seharusnya sudah kembali pada 4 November 2023,” katanya kepada Warga Berita, Sabtu 18 November 2023.

Selanjutnya, pada hari Minggu, 12 November 2023, pihak Seksi PTN (Pengelolaan Taman Nasional) Wilayah I Panaitan, mendapatkan informasi melalui sambungan telepon selular dari pihak keluarga Yatna. Melaporkan bahwa anggota keluarganya atas nama Yatna hilang sejak hari Sabtu, 11 November 2023 malam.

“Yatna merupakan ABK dari Kapten bernama Madsuri. Yang mana keduanya berasal dari Kampung Bengkok, Desa Tunggaljaya, Kecamatan Sumur,” katanya.

Pada saat itu, keduanya dilaporkan tengah melakukan aktivitas mancing di laut dengan menggunakan perahu Ketinting. Ketika sedang asyik memancing secara tiba-tiba ABK bernama Yatna mengamuk.

“Kapten Madsuri seketika langsung menepikan perahu dan membawa sodara Yatna ke darat. Setibanya mau menepi ke darat entah kenapa Yatna langsung loncat dan lari ke dalam hutan di blok Legon Kadam,” katanya.

Selanjutnya, setelah menerima laporan, Tim gabungan dari Tim TNUK, keluarga dan masyarakat desa melakukan pencarian hingga hari Jumat, 17 November 2023.

“Mengingat masih belum ditemukan maka dilakukan pencarian dengan tim SAR dan BPBD. Dipimpin langsung oleh saya sendiri selalu Kepala Balai dilakukan pencarian dan rapat hari Sabtu pagi pukul 7, selanjutnya menuju lokasi titik dilaporkan Yatna hilang,” katanya.

Setibanya di lokasi, Tim Gabungan melakukan pencarian dan menemukan survivor (penyintas) Yatna pada Pada pukul 10.30 WIB.

“Setelah ditemukan, selanjutnya survivor Yatna diserahkan kepada pihak keluarga,” katanya. (*)

Reporter : Purnama Irawan
Editor: Agung S Pambudi

Shares:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *