Ternyata Ini Penyebab Harga Cabai Rawit di Kota Serang ‘Makin Pedas’ – Warga Berita

Whatsapp Image 2023 11 18 At 14.36.42.jpeg

SERANG,Warga Berita-Tingginya harga cabai rawit, bawang merah dan yang lainnya diakibatkan cuaca hingga keterlambatan pengiriman ke Kota Serang.

Sebab, beberapa bulan terakhir sejumlah daerah termasuk Kota Serang mengalami cuaca panas ekstrem atau El Nino.

Asisten Daerah II Kota Serang Yudi Suryadi mengatakan, berdasarkan pantauan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, terdapat sejumlah produk yang saat ini tengah mengalami kenaikan harga.

“Berdasarkan evaluasi kemarin, secara keseluruhan inflasi Kota Serang aman atau stabil, bahkan di bawah nasional. Namun memang ada beberapa produk harganya sedang tinggi,” ujarnya, Jumat 17 November 2023.

Ia mengatakan, kenaikan harga itu dimungkinkan akibat keterlambatan distribusi dari daerah penghasil ke Kota Serang.

“Salah satu harga naik itu kemungkinan distribusi dari daerah penghasil ke kita mungkin telat atau memang karena harga di sana sudah tinggi,” katanya.

Kendati demikian, pihaknya tetap mendorong Dinas Ketahanan Pangan Petanian dan Perikanan (DKP3) untuk segera melakukan program menanam agar cepat panen.

“Tetapi juga dinas harus menyiapkan bibit yang nantinya dibagikan kepada masyarakat atau kelompok tani,” ucapnya.

Pihaknya mengaku, selama ini Pemkot Serang rutin untuk turun ke lapangan mengecek ketersediaan sembako di pasar-pasar.

“Kalau memang ada kelangkaan mungkin bisa koordinasi dengan Bulog, atau tetangga Kota Serang. Apabila mereka daerah produsen, misalnya cabai itu bisa dijual ke Kota Serang,” tuturnya.

Diketahui, harga cabai rawit di Pasar Induk Rau (PIR) saat ini mencapai Rp100 ribu per kilogramnya. Sementara untuk komoditi bawang merah berada diangka Rp 35 ribu per kilogramnya.

Reporter: Nahrul Muhilmi
Editor: Agung S Pambudi

By admin

Leave a Reply