PILPRES 2024 — Diprediksi 2 Putaran, Lembaga Survei Asing Sebut Prabowo Unggul Telak

image_pdfimage_print

Warga Berita – Lembaga survei asing dari Australia, Roy Morgan, merilis hasil survei elektabilitas tiga calon presiden Indonesia.

Hasil survei tersebut menyebutkan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto unggul telak yaitu 43 persen dibandingkan capres 01 Anies Baswedan dan capres 03 Ganjar Pranowo.

Dari angka tersebut, pemilihan presiden (Pilpres) 2024 berpeluang bakal berlangsung dua putaran.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka diprediksi menang dalam Pilpres putaran pertama , 14 Februari mendatang. Namun, angkanya tak sampai 50 persen.

Survei Roy Morgan yang dilakukan pada Desember 2023 lalu itu menyasar responden Indonesia sebanyak 1.255 orang.

“Prabowo Subianto unggul dengan perolehan suara sebesar 43 persen (naik 13 persen sejak kuartal September 2023) dan berada di ambang kemenangan dalam Pemilihan Presiden putaran pertama,” demikian rilis tersebut.

Prabowo juga dinilai unggul di semua pusat populasi utama Indonesia. Mulai dari Jawa, Sumatera, Kalimantan, hingga Sulawesi. Sementara dua calon lainnya yakni Anies dan Ganjar masing-masing mendapat 30 dan 24 persen suara dalam survei tersebut.

Menurut hasil survei tersebut, Melejitnya elektabilitas Prabowo di daerah-daerah dengan jumlah pemilih gemuk ini terjadi setelah memiliki putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming sebagai wakilnya.

Bahkan, langkah Prabowo ini juga telah melemahkan dukungan terhadap calon yang diusung PDIP Ganjar Pranowo.

Bukan hanya Roy Morgan, banyak juga lembaga survei asal Indonesia yang memprediksi hal sama. Mereka juga menyebut elektabilitas Prabowo mengungguli dua pesaingnya di Pilpres, Ganjar dan Anies. (ndi)

By admin

Leave a Reply