Peduli Pendidikan Inklusi, FMIPA UNS Kunjungi SLB Anugerah – Universitas Sebelas Maret

UNS– Sebagai salah satu kampus yang peduli kepada pendidikan inklusi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengunjungi Sekolah Luar Biasa (SLB) Anugerah yang terletak di Kepoh, Tohudan, Colomadu, Karanganyar. Kunjungan dilaksanakan pada Sabtu (30/3/2024) dipimpin oleh Wakil Dekan Akademik, Riset dan Kemahasiswaan FMIPA UNS, Prof. Dr. Fitria Rahmawati, S.Si., M.Si.

Dalam sambutannya, Prof. Fitria mengatakan bahwa tujuan dari kunjungan ke SLB Anugerah adalah dalam rangka silaturahmi dan meningkatkan kepedulian FMIPA terhadap pendidikan inklusi.

“Kehadiran kami dan rombongan adalah dalam rangka silaturahmi dan meningkatkan kepedulian terhadap pendidikan inklusi,” ujar Prof. Fitria.

Rombongan yang terdiri dari Wakil Dekan FMIPA UNS, Ketua Takmir Masjid FMIPA UNS, Dr. Siswanto, M.Si., beberapa orang dosen dan mahasiswa ditemui oleh Kepala Sekolah SLB Anugerah, Erna Eka Sari, S.Pd. SLB Anugerah merupakan sekolah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Bendiri sejak tahun 2007 dimana saat ini mempunyai 52 orang murid yang kesemuanya tinggal di asrama.

Sebagaimana dikatakan oleh Erna, bahwa saat ini keberadaan SLB Anugerah sudah diakui oleh pemerintah dan ada beberapa perusahaan yang sudah mempercayakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) nya untuk dikelola. Erna juga mengatakan bahwa fokus pendidikan di SLB Anugerah saat ini adalah mengupayakan anak bisa mandiri dalam kegiatan sehari-hari, seperti makan, bersih diri, memakai baju, dan lain-lain. Setelah itu baru belajar membaca dan menulis.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada FMIPA yang sudah berkenan mengunjungi dan membantu kami. Kepedulian Bapak dan Ibu merupakan motivasi buat kami,” ungkap Erna kepada rombongan.

Kunjungan diakhiri dengan mengunjungi ruang kelas dan ruang tidur penghuni asrama. Dan juga menyaksikan aktifitas anak-anak berkebutuhan khusus dengan keistimewaanya masing-masing. HUMAS UNS

Redaktur: Dwi Hastuti

Leave a Reply