PDIP Puji Kesigapan Pemerintah dan Ormas di Indonesia dalam Beri Bantuan Kemanusiaan ke Palestina

Said Abdullah.jpg

image_pdfimage_print

Warga Berita – Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Said Abdullah memuji kesigapan pemerintah dan berbagai organisasi masyarakat (ormas) yang ada di Tanah Air dalam memberi bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina.

“Saya mengapresiasi atas langkah pemerintah dan berbagai organisasi kemasyarakatan mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina,” kata Said dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (11/11).

Said mendorong pemerintah mencari langkah yang lebih progresif untuk menemukan jalan keluar soal konflik di Palestina. Pertama, terus mengusahakan berjalannya resolusi gencatan senjata melalui Dewan Keamanan PBB.

Walaupun tidak menjadi anggota Dewan Keamanan PBB, Indonesia harus tetap berusaha keras melobi DK PBB. Menurutnya, Indonesia bisa menempuh cara-cara ekstraordinary untuk menekan DK PBB meloloskan resolusi konflik, seperti menggalang kekuatan strategis seperti di ASEAN dan OKI.

“Kedua,mendorong aliansi regional seperti OKI, ASEAN maupun poros kekuatan baru dengan Rusia dan Tiongkok untuk menekan Israel melalui sanksi ekonomi maupun penyiagaan pasukan pemeliharaan perdamaian secara langsung di perbatasan Israel dan Palestina,” ujarnya.

Ketiga, menyiapkan usulan rencana kerja internasional. Khususnya, melalui badan-badan PBB untuk rekonstruksi dan pembangunan di Palestina usai perang.

Keempat, kata dia, menyiapkan peta jalan bersama melalui kekuatan regional seperti OKI, ASEAN, dan negara negara besar untuk mewujudkan kemerdekaan sepenuhnya atas Palestina.

“Kelima, mengusulkan peta jalan reformasi menyeluruh atas PBB agar badan dunia ini bisa menjadi solusi menyeluruh atas krisis dunia yang diakibatkan oleh perang, bencana alam, kemerosotan ekonomi, dan sosial,” tegas dia.[prs]

By admin

Leave a Reply