Fapet UNSOED Gelar Seminar MBKM dan Kuliah Umum Dasar Ternak Unggas

Hijab

[unsoed.ac.id, Jum, 17/11/23] Mahasiswa Program S1 Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Fapt Unsoed) peserta magang MBKM pada Program Entrepreneurship Teaching Center (ETC) PT. Charoen Pokphand Indonesia antusias mengikuti kegiatan Seminar dan kuliah umum mata kuliah Dasar Ternak Unggas (DTU) mahasiswa program D3 Prodi Budidaya Ternak.

Seminar dan kuliah umum dilaksanakan pada Jum’at, (17/11)  bertempat di ruang Seminar lantai 3 Fapet Unsoed yang diikuti 22 mahasiswa program Entrepreneurship Teaching Center (ETC), dan 57 mahasiswa Prodi D3 Budidaya Ternak yang mengambil mata kuliah Dasar Ternak Unggas semester I.

Kegiatan seminar dan kuliah umum diarahkan pada pemahaman lebih dalam tentang mata kuliah Dasar Ternak Unggas (DTU) dan mahasiswa peserta ETC tentang enterpreneurship di industri ternak. Dalam kuliah umum, mahasiswa prodi D3, mendapat penyajian  materi yang mendalam mengenai aspek-aspek kritis dalam budidaya unggas. Pengajaran kuliam umum ini menjadi landasan bagi mahasiswa untuk memahami prinsip-prinsip dasar dalam merawat dan mengelola unggas dengan baik.

Seminar dan kuliah umum dibuka oleh Koordinator Program Studi (Koorprodi) S1 Peternakan, Dr. Ir. Titin Widiyastuti, S.Pt, M.P, IPM. Dr. Titin memberikan sambutan yang memotivasi mahasiswa untuk aktif dalam kegiatan ini, menekankan pentingnya pemahaman konsep Dasar Ternak Unggas sebagai landasan awal bagi perkembangan pengetahuan mereka.

Kegiatan ini bukan hanya menjadi sarana pembelajaran, tetapi juga membuka peluang untuk menjembatani teori dengan pengalaman praktis di dunia industri. Harapannya, mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh untuk menciptakan solusi inovatif di masa depan dalam pengelolaan ternak, termasuk dalam aspek manajemen dan bisnis entrepreneurship.

Lebih lanjut Dr. Titin menjelaskan, kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang pembelajaran formal di dalam kelas, tetapi juga sebagai sarana pengembangan keterampilan dan persiapan mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja di masa mendatang. “Dengan menghadirkan narasumber berkompeten dan berpengalaman, diharapkan mahasiswa dapat lebih memahami dan siap menghadapi tantangan di dunia industri budidaya ternak. Acara ini menjadi wujud nyata komitmen Fapet Unsoed dalam memberikan pendidikan berkualitas dan relevan bagi mahasiswanya”, jelasnya.

Seminar ETC dan Kuliah umum ini menghadirkan narasumber utama Jamaludin, S.Pt selaku General Manager PT. Charoen Pokphand Indonesia. Beliau membawa pemahaman mendalam mengenai aspek-aspek kunci dalam budidaya ternak unggas, memberikan wawasan terkini, dan menjelaskan perkembangan terbaru dalam industri ternak khususnya dalam penanganan DOC (Day-Old Chick).

Jamaludin memberikan insight berharga mengenai tantangan dan peluang dalam industri ternak, terutama dalam konteks enterpreneurship. Jamaludin membahas strategi bisnis, inovasi, dan pengembangan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang wirausahawan sukses di bidang budidaya ternak.

Diskusi juga tercipta melibatkan pertukaran ide dan pengalaman yang memperkaya wawasan mahasiswa terkait tantangan dan peluang dalam industri ternak, khususnya dalam manajemen dan bisnis penanganan DOC. Turut hadir pada kegiatan tersebut, Pengampu Mata Kuliah DTU Prof. Dr. Ir. Ismoyowati, S.Pt, MP, IPU, serta tim ETC PT. Charoen Pokhpand Indonesia yang terdiri dari Ir. Sasetyo, Ir. Rofik, Ir. Kholis, Branch Head PT. CUL, beserta enam rekan Tehnical Service PT. CUL. (Tim Web/Yuli)

#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia

 

By admin

Leave a Reply