Disparbud Pandeglang Catat Ada 128 Situs Bersejarah – Warga Berita

Whatsapp Image 2023 11 22 At 19.29.11.jpeg

PANDEGLANG, Warga Berita – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pandeglang menginventarisasi terhadap benda-benda cagar budaya dan objek yang menjadi peninggalan cagar budaya.

Kepala Bidang Kebudayaan Disparbud Kabupaten Pandeglang Heryana mengatakan, dari data yang terkumpul sebanyak 128 cagar budaya dan objek yang diduga sebagai cagar budaya, dengan 38 di antaranya telah melalui proses penelitian.

“Dari 38 yang sudah diteliti, 10 di antaranya telah ditetapkan sebagai cagar budaya. Sisanya, sebanyak 90 Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB), memerlukan pengkajian lebih lanjut untuk menetapkan statusnya sebagai benda cagar budaya,” ungkapnya, Rabu 22 November 2023.

Menurut Heryana, benda-benda sejarah tersebut tercatat sejak tahun 2022, meliputi bangunan dan struktur situs yang termasuk dalam cagar budaya (CB) maupun objek yang diduga sebagai cagar budaya (ODCB).

“90 objek sisanya masih memerlukan analisis lebih mendalam, untuk memastikan apakah bisa dikategorikan sebagai CB atau ODCB,” tambahnya.

Dia juga menjelaskan bahwa pihaknya sebelumnya menerima laporan dari masyarakat mengenai temuan batu Pande di daerah Saketi dan sebuah sekolah yang mirip penampungan air. Mereka telah melakukan kunjungan bersama Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) wilayah 8.

“Hasil kunjungan kami menunjukkan bahwa dari kedua temuan tersebut, hanya bak penampungan air yang bisa dikategorikan sebagai cagar budaya. Sedangkan batu Pande, berdasarkan kajian, diperkirakan bukan merupakan objek cagar budaya karena dipengaruhi oleh faktor alam,” jelasnya.

Selain itu, ada laporan terbaru mengenai uang koin dari zaman VOC yang ditemukan di Sindanglaut, Kecamatan Carita.

“Koin-koin tersebut ada, namun kami tidak dapat memastikan keasliannya karena hal ini memerlukan keahlian khusus. Kami sudah berkoordinasi dengan BPK wilayah 8 untuk memastikan apakah koin tersebut benar-benar berasal dari VOC atau bukan,” terangnya.

“Temuan ini menjadi awal untuk mengetahui seberapa banyak peninggalan sejarah di daerah tersebut. Mungkin dulunya terkait dengan apa sehingga koin-koin VOC ditemukan di sana,” lanjutnya.

Heryana berharap semua benda cagar budaya yang ada di wilayah Kabupaten Pandeglang bisa menjadi sumber kebanggaan dan dijaga serta dirawat dengan baik.

Reporter: Moch Madani Prasetia
Editor: Abdul Rozak

By admin

Leave a Reply