Belum Waktunya Kampanye Pilpres 2024

Cawapres Ganjar Mahfud Md Saat Menghadiri Acara Di Tanah Kelahirannya.webp.webp

image_pdfimage_print

Warga Berita – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md. menegaskan belum waktunya kampanye Pilpres 2024.

“Nanti saya kembali lagi ke sini pada bulan Desember dalam forum kampanye,” katanya kepada warga yang memenuhi Lapangan Morkepek, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Sabtu (18/11/2023).

Warga menyambut kedatangannya sejak tiba di kaki Jembatan Suramadu sisi Surabaya.

Mereka yang mengendarai kendaraan roda dua dan empat serta beberapa berjalan kaki beriringan mengantarkan menuju ke lokasi acara di Lapangan Morkepek, yang tidak jauh dari pintu keluar Jembatan Suramadu sisi Pulau Madura.

Kunjungan Mahfud merupakan yang pertama di tanah kelahirannya sejak ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sebagai calon wakil presiden berpasangan dengan Ganjar Pranowo, yang diusung oleh koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Hati Nurani Rakyat, dan Partai Persatuan Indonesia.

Warga yang menyambutnya menyatakan dukungan terhadap Mahfud sebagai calon wakil presiden pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Namun, sang Putra Madura itu menegaskan kembali bahwa saat ini belum waktunya kampanye.

Menkopolhukam menjelaskan bahwa kedatangannya adalah untuk menyosialisasikan agar warga Madura dapat berperan menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024 yang damai dan kondusif.

“Orang Madura memiliki sikap tegas. Selain itu, juga memiliki sikap konsisten dan taat kepada para ulama. Oleh sebab itu, silakan nanti konsultasinya mengenai segala hal terkait dengan Pemilu 2024, selain ke organisasi-organisasi relawan, adalah kepada para ulama,” tuturnya.

Sosialisasi Pemilu damai oleh Mahfud kepada masyarakat di Pulau Madura hari ini juga digelar di Kabupaten Sumenep.

Menurut dia, penyelenggaraan Pemilu 2024 yang damai dan kondusif sangat penting karena memilih para pemimpin di legislatif dan eksekutif yang akan menentukan arah pembangunan bangsa Indonesia menjadi lebih baik.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (ndi)

By admin

Leave a Reply