Bawaslu Kota Serang Bakal Tertibkan Lagi Spanduk Caleg – Warga Berita

Img 20231116 Wa0014.jpg

SERANG, Warga Berita – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Serang akan melakukan penertiban spanduk para calon legislatif (caleg).

Hal tersebut dilakukan mengingat bahwa masa kampanye yang sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dimulai pada 28 November 2023.

Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu Kota Serang Fierly Murdlyat Mabrurri mengatakan, pihaknya akan melakukan penertiban dengan secara berkala di setiap kecamatan di Kota Serang.

“Hari ini serentak penertiban di setiap Kecamatan se-Kota serang. Ini nanti secara berkala per 3 hari atau per 5 hari merek bergerak lagi. Kalau hari ini menhejar keserentakannya saja,” ujar Fierly kepada Warga Berita, Kamis, 16 November 2023.

Sementara, untuk penertiban dengan skala yang besar, kata Fierly, akan dilakukan pada H-3 kampanye.

“H-3 kampanye nanti ada penertiban dalam skala yang lebih besar,” katanya.

Fierly menjelaskan, untuk para caleg yang masih memasang spanduk sebelum masa kampanye tidak ada sanksi yang diterapkan.

“Kalau itu kan harus dimaknai alat peraga sosialisasi. Sepanjang tidak ada ajakan untuk memilih dan tidak ada identitas bacaleg seperti adanya nomor urut dan daerah pemilihan,” ucapnya.

Menurutnya, hal tersebut juga tidak ada dalam aturan di Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Pihaknya akan melakukan imbauan dan penertiban saja.

“Di PKPU tidak ada pemasangan sebelum (kampanye) lalu ada sanksinya, itu kan tidak ada. Paling diimbau dan penertiban dengan Satpol PP,” tuturnya.

Reporter: Nahrul Muhilmi
Editor: Aas Arbi

By admin

Leave a Reply