Aneka Kuliner Jadul Tersaji di Pasar Kamis Wage Desa Penggarit »

54 Kuliner Pemalang Pasar Kamis Wage Benowo Park Desa Penggarit 4.jpg

Kuliner Pemalang – Halo Sobat Kabar Pemalang, sapa nih diantara kalian yang suka bernostalgia ke masa-masa di mana suasana desa yang masih asri, kuliner yang serba tradisional dan nuansa sosial di masa lampau? Silahkan mampir ke Pasar Kamis Wage yang diselenggarakan di kawasan wisata Benowo Park Desa Penggarit, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang. Di sini kalian bisa melihat dan menikmati kuliner jadul yang jarang bisa kita temukan di tempat lain.

Para pedagang berjajar di saung-saung yang sudah disediakan oleh pengelola. Mereka menggunakan pakaian tradisional layaknya jaman dulu. Aneka jajanan atau kulinernya dimuat dalam wadah-wadah yang terbuat dari tanah liat. Bungkusnya menggunakan daun pisang atau daun jati. Minumnya dengan wadah dari kayu atau batok kelapa. Jadi, selama berlangsungnya pelaksanaan Pasar Kamis Wage ini tidak diperkenankan menggunakan media plastik. Bayarnya pun wajib menggunakan uang klitik, uang yang terbuat dari kayu dengan nilai tukar Rp 2.000/koin.

Lalu ada kuliner apa saja yang dijajakan di sini sob? Ada tiwul, kluban (urap), kraca/keong, cadil, gebral, sorgum, blendung, aneka umbi rebus, pisang rebus, serabi, getuk, gemblong, ketan, sayur oblok, growol, singkong rebus, dan aneka kuliner tradisional lainnya.

Pasar Kamis Wage ini diselenggarakan satu bulan sekali mengacu pada penanggalan jawa di hari Kamis Wage. Mulai beroperasi pukul 06.00 s.d. pukul 12.00 WIB.

Selain aneka kuliner dan nuansa tradisionalnya yang mengasyikkan, tempatnya pun luas dan dipenuhi dengan rindangnya pepohonan. Selain itu, selama berlangsungnya Pasar Kamis Wage, lagu-lagu tradisional diperdengarkan oleh kelompok musik karawitan setempat.

HTM : Rp 3.000
Parkir Motor : Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

By admin

Leave a Reply