Nasional

523 Orang Ikuti Seleksi CAT Anggota PPS Pilkada Kota Serang – Warga Berita

SERANG, Warga Berita – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang mulai menjalankan tahapan perekrutan panitia pemungutan suara (PPS) untuk kebutuhan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Serang.

Sebanyak 523 orang calon PPS langsung mengikuti proses seleksi computer assited test (CAT), yang diadakan KPU Kota Serang di SMKN 1 Kota Serang pada Rabu 15 Mei 2024.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Ade Jahran menjelaskan, sebelumnya KPU Kota Serang menerima 940 orang lebih yang mendaftar untuk seleksi anggota PPS Pilkada Kota Serang 2024.

Namun, dari 940 orang lebih yang mendaftar, hanya 523 orang yang dinyatakan lolos tahapan seleksi administrasi.

“Jadi memang yang lengkap persyaratannya ada 523 orang,” ujar Ade Jahran saat ditemui di lokasi seleksi CAT PPS.

Disampaikan Ade, pada tahapan CAT itu, para calon anggota PPS diwajibkan untuk menjawab 75 soal yang terdiri dari tiga materi.

Ketiga materi itu adalah, materi wawasan kebangsaan, kepemiluan, Pilkada, dan wawasan terkait Undang-Undang Dasar 1945. Para peserta diberikan waktu selama 90 menit untuk menjawab seluruh soal tersebut.

“Materinya itu tiga yang tadi. Kemudian jumlah soalnya itu ada 75 soal. Para peserta kami berikan waktu selama 90 menit,” jelasnya.

Menurut Ade, soal yang diberikan pada CAT untuk peserta calon anggota PPS itu berasal dari KPU RI. Sementara KPU di daerah, hanya sebagai fasilitator para peserta yang mengikuti proses seleksi.

“Kalau soalnya itu semua langsung dari KPU RI kita hanya menerima soalnya aja,” tutur Ade.

Setelah proses seleksi CAT selesai, KPU Kota Serang akan melakukan tahapan selanjutnya, yaitu tes wawancara terhadap enam orang peserta dari masing-masing kelurahan yang ada di Kota Serang.

Diketahui, jumlah kelurahan di Kota Serang saat ini ada sebanyak 67 kelurahan. “Kemudian nanti kita akan pilih enam orang itu mengikuti tes wawancara. Setelah itu nanti kita akan pilih tiga orang,” ucapnya.

Dikatakan Ade, dari hasil proses seleksi itu, KPU Kota Serang hanya akan menerima 201 orang PPS saja yang nantinya ditempatkan di setiap kelurahan Kota Serang untuk pelaksanaan Pilkada Kota Serang 2024.

“Nantinya yang akan lolos menjadi PPS itu hanya 201 orang saja. Karena setiap kelurahan itu hanya dibutuhkan tiga orang PPS,” ujarnya.

Editor: Mastur

Shares:

Leave a Reply