Wisuda Ke-79, Rektor Udinus Beri Pesan ke Wisudawan Untuk Manfaatkan Teknologi Untuk Berwirausaha

Dns3114.jpg

Wisuda ke-79 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menjadi pelengkap bagi wisudawan di tahun 2023 ini. Sebanyak 938 wisudawan merayakan kelulusannya bersama kedua orang tua atau orang tua wali mereka masing-masing. Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir Edi Noersasongko, M.Kom., mengajak wisudawan untuk berwirausaha dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Berbeda dengan wisuda sebelumnya, momen membanggakan itu kali ini terbagi menjadi dua sesi. Wisuda tersebut diselenggarakan pada 22-23 November 2023.Wisuda pada hari pertama dipenuhi dengan wisudawan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Fakultas Kesehatan (FKes), dan Fakultas Teknik (FT) berjumlah 471.

 Sementara di hari kedua, akan dipenuhi oleh wisudawan dari Program Doktor, Program Magister dan Fakultas Ilmu Komputer (FIK) berjumlah 467. Kali ini, para wisudawan didampingi kedua orang tua atau orang tua wali masing-masing.

Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom., memberikan ucapan selamat kepada 471 wisudawan yang dilantik pada hari pertama. Prof. Edi mengajak seluruh wisudawan agar mampu berkontribusi untuk negara Indonesia. Utamanya dengan keahlian yang di dalam selama masa perkuliahan.

Udinus menciptakan berbagai inovasi dan produk yang berkualitas berasal dari hasil karya mahasiswa. Seperti Animasi ‘Si Warik’ Robot Gamelan hingga Robot Catur Kampus Udinus (Rocaku). Karya inovasi itu merupakan langkah Udinus untuk mendekatkan mahasiswa dengan dunia industri dan mereka nantinya dapat berwirausaha dengan keahliannya masing-masing. Tak hanya itu saja, Udinus pun juga memberikan ilmu kewirausahaan kepada seluruh mahasiswa dan hal itu sesuai dengan visi dan misi Udinus.    

“Kami pun juga terus mendorong mahasiswa untuk berwirausaha dengan berbagai program-program yang kami rancang. Harapan kami wisudawan mampu mendukung kemajuan bangsa dan menciptakan lapangan pekerjaan di masa sekarang dan masa yang akan datang,” ajaknya.

Rektor Udinus Memberikan Berfoto Bersama Kepala LLDIKTI Wilayan VI Jawa Tengah
Rektor Udinus Memberikan Berfoto Bersama Kepala LLDIKTI Wilayan VI Jawa Tengah

Turut hadir Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah, Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H berbangga dengan banyaknya wisudawan berbakat dari Udinus dan berharap mereka dapat cepat terserap di dunia kerja. Menurutnya Udinus rutin memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai berwirausaha dan sudah terbukti  rutin melahirkan wirausahawan muda berbakat.

“Kami harap selama kuliah di Udinus dapat menjadi bekal dan dimanfaatkan secara penuh oleh wisudawan dalam mengembangkan bisnis maupun bekerja di suatu perusahaan. Saya ucapkan selamat kepada seluruh wisudawan Udinus,” harap Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jateng dengan rasa bangga.

Raih Cumlaude dan Berprestasi di Bidang Seni

Gelaran wisuda bagi mahasiswa menjadi suatu capaian yang luar biasa dan membahagiakan karena berhasil menyelesaikan studi selama kurang lebih 4 tahun. Hal itu yang kini dirasakan oleh wisudawati berprestasi dari Program Studi D3 RMIK Udinus, Yashinta Chindy Insyira. Ia berhasil menyelesaikan studinya dengan IPK 3,59 dan berbagai prestasi yang ditorehkan selama menempuh perkuliahan. Salah satunya juara pertama dalam ajang Putra Putri Tari Provinsi Jawa Tengah 2021 lalu.

Pada wawancaranya, wisudawati yang akrab disapa Cindy mengaku senang dapat menempuh Pendidikan S-1 di Udinus karena tak hanya kemampuan akademik saja yang diasah namun, Ia juga dapat meningkatkan kemampuan non akademiknya seperti di dunia tari. Ia pun berpesan kepada mahasiswa agar terus belajar dan meningkatkan kemampuan diri.

“Semuanya itu bekal yang berharga di masa depan, saya beruntung dapat menempuh Pendidikan di Udinus. Para dosennya pun mendukung penuh mahasiswanya untuk terus berprestasi,” tutupnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)

By admin

Leave a Reply