Nasional

Uniknya Pasar Jaman Dulu, Batavia di Tahun 1930

Warga Berita, JAKARTA – Foto jadul dapat memperlihatkan keunikan serta busana yang sedang tren pada puluhan tahun lalu. Sebuah foto jadul mengenai pasar di Jakarta pada tahun 1930-an ini berhasil memukau netizen.

Akun fanspage Facebook Potret Sejarah Indonesia mengunggah dua foto mengenai penampakan Pasar Senen di Batavia (sekarang Jakarta) sebelum kemerdekaan.

Pasar Senen te Batavia. (Pasar Senen di Batavia),” bunyi keterangan yang tertulis di situs Leiden University Libraries. Situs perpustakaan online tersebut menyimpan puluhan foto mengenai kondisi Pasar Senen pada tahun 1908 hingga 1950-an.

Foto pertama menampilkan beberapa pedagang yang menjajakan produknya di sekitar rel. Terdapat payung-payung kecil yang ada pada beberapa lapak. Foto kedua menampilkan wanita yang sedang melewati deretan lapak di pinggir jalan. Wanita tersebut mengenakan jarit batik dan kebaya.

Baca Juga:Pantai Teleng Ria Pacitan, Surganya Peselancar dengan Keindahan Alamnya

Mereka terlihat memakai selembar kain untuk menutupi rambut kepala. Netizen menilai penampilan seperti itu sangat anggun pada masanya. Beberapa pembeli nampak berseliweran tanpa mengenakan alas kaki. Dikutip dari Wikipedia, Pasar Senen merupakan salah satu pasar tertua di Jakarta.

Dinamai Pasar Senen karena perdagangan di pasar ini awalnya berlangsung setiap hari Senin dan didominasi oleh masyarakat etnis Tionghoa. Waktu pembangunan Pasar Senen bersamaan dengan waktu pembangunan Pasar Tanah Abang, yakni pada 30 Agustus 1733 oleh seorang tuan tanah yang juga seorang arsitek bernama Yustinus Vinck.

(tka)

 

Shares:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *