Tokoh Jurnalis Dianugrahi Gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi

Tokoh Jurnalis.jpg

Tokoh Jurnalis Dianugrahi Gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi

Warga Berita JAKARTA – Sebanyak 6 tokoh bangsa dihari pahlawan nasional dianugrahi Pahlawan nasional oleh Presiden Joko Widodo salah satunya tokoh jurnalis dan politikus yakni M Tabrani Soerjowitjirto di Istana negara, Jumat 10 November 2023.

Penganugerahan gelar Pahlawan Nasional kepada 6 tokoh bangsa itu tertuang dalam Keppres Nomor 115-TK-TH2023 tanggal 6 November 2023 dan diterima langsung oleh perwakilan keluarga.

M Tabrani Soerjowitjirto merupakan pimpinan redaksi pada harian pemandangan periode Juli 1936 hingga Oktober 1940 dan meninggal dunia pada 12 Januari 1984.

M Tabrani Soerjowitjirto juga selain dikenal sebagai tokoh penggas pemakaian bahasa Indonesia itu juga dikenal sebagai tokoh Jong Java.

Dari ke 6 tokoh bangsa yang dianugerahi gelar pahlawan tersebut diantaranya

Almarhumah Ida Dewa Agung Jambe, Bali, Almarhum Bataha Santiago, Sulawesi Utara, Almarhum M Tabrani, Jawa Timur, Almarhumah Ratu Kalinyamat, Jawa Tengah, Almarhum KH Abdul Chalim, Jawa Barat dan Almarhum KH Ahmad Hanafiah, Lampung.

Sebagai informasi pada penganugrahan gelar pahlawan itu dihadiri Menpora Dito Ariotedjo, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Kemudian hadir juga Wakil Ketua MPR Yandri Susanto, Lestari Moedrijat, Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI laksamana Yudo Margono. (gabel)

By admin

Leave a Reply