Pendidikan

TIM PKUM UNDIP Berikan Stimulus Alat Produksi Pakan Komplet “Bebas Ngarit” untuk Kambing dan Domba di Kecamatan Bae, Kudus

Whatsapp Image 2023 11 20 At 07.54.16.jpeg

Pakan Komplet atau complete feed merupakan pakan campuran dari hijauan/jerami dan bahan penyusun konsentrat atau konsentrat dengan perbandingan tertentu yang telah disesuaikan dengan kebutuhan ternak. Universitas Diponegoro (Undip) melalui program Penguatan Komoditi Unggulan Masyarakat (PKUM) bersinergi bersama peternak mengembangkan ekonomi produktif pedesaan dengan membuat pakan komplet untuk ternak kambing dan domba “bebas ngarit”.

PKUM merupakan program fasilitasi perguruan tinggi untuk pengembangan ekonomi pedesaan. Dr. Ir. Cahya Setya Utama, S.Pt, M.Si., IPM selaku ketua pelaksana kegiatan ini menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan pendampingan bagi peternak kambing dan domba binaan dari Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip. “Kami memberikan stimulus berupa bantuan 2 buah diskmill FFC 45 dengan disel 24PK untuk membantu membuat pakan komplet serta penataan tempat produksi. Formula pakan Komplet atau complete feed ini merupakan kombinasi dari hasil penelitian di kampus yang sudah diaplikasikan di lapangan sesuai dengan bahan pakan yang ada di lokasi mitra yang berguna untuk meningkatkan produktivitas kambing dan domba. Kami berharap para peternak kambing dan domba tidak terpancang pada musim dimana ketika musim kemarau pakan sangat sulit. Kami siap mendampingi demi keberhasilan para peternak kambing dan domba di wilayah kecamatan Bae pada khususnya dan Kudus pada umumnya,” kata Cahya dalam keterangannya kepada tim Humas Undip pada Minggu (19/11/2023).

Sementara Pak Ari atau yang memiliki nama lengkap Richke Ariyanto selaku perwakilan peternak binaan Fakultas Peternakan dan Pertanian FPP Undip menyatakan terima kasih dan menyambut baik program ini dan berharap FPP Undip selalu mendampingi dan memberikan informasi yang up to date tentang teknologi pakan untuk kambing dan domba sehingga kemajuan peternakan kambing dan domba di Kabupaten Kudus dapat terwujud. Harapannya dengan adanya interaksi peternak dan perguruan tinggi dapat meningkatkan pengetahuan dan  pendapatan masyarakat khususnya peternak kambing dan domba.

Shares:

Leave a Reply