Pendidikan

Tim MBKM UNS Adakan Ecoprint Workshop Bersama Siswa SDN 02 Melikan, Klaten – Universitas Sebelas Maret

UNS – Tim Mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berkesempatan untuk mengadakan workshop di SD Negeri 02 Melikan, Wedi, Kabupaten Klaten. Workshop kali ini merupakan salah satu program pengabdian masyarakat yang diwujudkan dengan mengajak siswa-siswi SDN 02 Melikan untuk ikut berkreasi dengan menggunakan media totebag ecoprint.

Istilah ecoprint bagi siswa masih terdengar amat asing di telinga. Ecoprint sendiri merupakan teknik pewarnaan dengan bahan-bahan alami yang ditransfer ke media yang telah ditentukan. Pada workshop kali ini, tim MBKM Desa Melikan memilih totebag sebagai media yang akan digunakan.

“Dengan menggunakan media fungsional diharapkan kedepannya siswa-siswi akan lebih menghargai karya seni yang telah mereka buat. Kegiatan ini diselenggarakan pada Rabu (8/5/2024),” ujar Fitrah Raihan selaku ketua tim, Rabu (15/5/2024).

Ecoprint sendiri memiliki banyak teknik, salah satunya adalah pounding. Teknik ini dilakukan dengan cara mentransfer warna pada media yang ditentukan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Beberapa bahan alami yang lumrah digunakan seperti daun dan bunga. Proses transfer warna dilakukan dengan cara ditekan atau dipukul secara merata pada media yang ditentukan.

Kegiatan workshop di SDN 02 Melikan berjalan mulai pagi hari dengan cukup lancar. Workshop ecoprint pounding ini diikuti oleh siswa-siswi kelas 2 dan 3. Semua peserta didik dapat mengerjakan ecoprint dengan teknik pounding. Mereka terlihat senang dan antusias dalam mengikuti acara workshop tersebut.

“Kegiatan workshop ecoprint pounding diadakan dengan tujuan untuk melatih motorik dan kognitif para siswa di SDN 02 Melikan agar mereka lebih tekun, teliti, kreatif, serta memiliki kemauan dan semangat yang tinggi,” tambahnya.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan kesadaran pada anak-anak bahwa bahan alami yang tersedia di alam sekitar dapat dibuat menjadi sebuah karya. Hasil karya yang dibuat oleh siswa-siswi kelas 2 dan 3 SDN 02 Melikan dapat dibawa pulang sebagai kerajinan karya pribadi sekaligus sebagai kenang- kenangan.

Humas UNS

Reporter: R. P. Adji

Redaktur: Dwi Hastuti

Shares:

Leave a Reply