Terdapat 19 Delegasi UNDIP mengikuti QS Higher Ed Summit: Asia Pacific 2023 di Kuala Lumpur Convention Centre, Malaysia 7-9 November 2023

Terdapat 19 Delegasi Undip 1.jpg

Universitas Diponegoro (Undip) terus melakukan upaya internasionalisasi sebagai bagian dari peningkatan Visibility Undip di kancah Internasional dan untuk terus berkomitmen mewujudkan sebagai Universitas Berkelas Dunia (World Class University). Salah satu bentuk upaya tersebut ditunjukkan dalam keterlibatan Undip di event-event internasional, salah satunya adalah QS Higher Ed Summit: Asia Pacific 2023 di Kuala Lumpur Convention Centre, Malaysia 7-9 November 2023.

Pelaksanaan QS Higher Ed Summit: Asia Pacific 2023 mengeksplorasi titik temu Warga Berita universitas dan masa depan dunia kerja, serta bagaimana institusi di kawasan ini dapat memberikan hasil yang tepat bagi siswa melalui pendekatan pendidikan yang lebih kreatif dan penuh pertimbangan.

QS Higher Ed Summit: Asia Pacific 2023  ini juga membahas strategi dalam mengembangkan kreativitas, kemampuan beradaptasi dan keterampilan berpikir kritis siswa; bagaimana industri dapat menjalin hubungan dengan universitas untuk membangun talenta; bidang baru dalam kemitraan penelitian industri; dan bagaimana AI berdampak pada sektor ini. Melalui diskusi Warga Berita para ahli dari akademisi, industri, dan kebijakan, konferensi ini memberikan  pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana universitas dapat mempersiapkan mahasiswanya menghadapi lanskap dunia kerja dan masyarakat yang selalu berubah.

Lebih dari 1000 delegasi dan 88 universitas se Asia Pasific berkumpul untuk mengeksplorasi bagaimana kolaborasi regional, nasional dan global dapat memperkuat peran universitas sebagai pendorong utama perubahan dalam masyarakat. Universitas-universitas di Asia Pasifik berkumpul dan terus berfokus untuk memastikan bahwa lulusannya dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan untuk sukses di tempat kerja, meskipun terdapat banyak disruptor di dunia kerja, seperti munculnya otomatisasi dan gig economy.

Tema agenda QS Higher Ed Summit: Asia Pacific 2023 adalah : Creating the Right Outcomes: Universities and the Future of Work in the Asia Pacific, yang berfokus pada :

  1. Focus 1: Global Engagement
  2. Focus 2: Employability and Outcomes
  3. Focus 3: Research and Discovery
  4. Focus 4: Sustainability
  5. Focus 5: Innovation & Knowledge Transfer
  6. Focus 6: Student Demand
  7. Focus 7: Student Motivation and Behaviour
  8. Focus 8: Student Conversion
  9. Focus 9: Programme Demand
  10. Focus 10: Learning Experience

Bertujuan untuk penguatan kolaborasi dan tindak lanjut hasil QS Higher Ed Summit: Asia Pacific 2023, Universitas Diponegoro mengirimkan 19 delegasi. Delegasi dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, M.Sc., Wakil Rektor Riset, Inovasi dan Kerjasama. Delegasi pimpinan para Dekan Fakultas/Sekolah diantaranya Prof. Suharnomo (Dekan FEB), Prof Dwi Pudjonarko (Dekan FK), Prof. Retno Saraswati (Dekan FH), Prof Tri Winarni Agustini (Dekan FPIK), Prof Bambang WHEP (Dekan FPP), Prof. Dian Ratna Sawitri (Dekan FPSi), Prof. Hardi Warsono (Dekan FISIP), Dr. Budiyono (Dekan FKM), Dr. Nurhayati (Dekan FIB), Prof Budiyono (Dekan SV), Dr. R B Sularto (Dekan SPS). Selain itu juga Prof. Denny Nugroho Sugianto dan Dessy Ariyanti Ph.D., yang merupakan Kepala dan Wakil Kepala Kantor Pemeringkatan Undip, serta tim task force WCU Undip diantaranya Prof Dr. Diana Nur Afifah , Yayuk Astuti, Ph.D , Ahmad Ni’matullah Al-Baarri, Ph.D., Ir. M. Arfan, S.Kom., M.Eng., Heriyanto, Ph.D.

Pada event tersebut, Delegasi dari Undip juga mendapatkan kesempatan secara langsung untuk berdiskusi dengan tim QS World University Rankings, Mr. E Way Chong (Regional Director, Southeast Asia + Japan at QS Quacquarelli Symonds) tentang strategi Universitas Diponegoro untuk terus meningkatkan reputasi di level Global.

Opening Remarks by Host Prof. Dato’ Gs Ts Dr. Mohd Ekhwan Hj Toriman (Vice Cancellor Universiti Kebangsaan Malaysia).

Guest of Honour Keynote,HH Tunku Ali Redhauddin Ibni Tuanku Muhriz Tunku Besar of Seri Menanti

By admin

Leave a Reply