Rokok Ilegal Senilai Rp 1,1 Miliar Gagal Diselundupkan – Warga Berita

Img 20231122 Wa0010 1.jpg

CILEGON,Warga Berita -Sebanyak 864 ribu batang rokok yang tidak dilengkapi dengan cukai alias ilegal senilai Rp 1,1 miliar gagal diselundupkan.

Penyelundupan rokok ilegal itu digagalkan oleh Lanal Banten.

Danlanal Banten Kolonel Laut (P) Nopriadi menjelaskan, pengungkapan kasus ini, berawal dari informasi yang sudah didapat oleh Tim Satgas Pam ASDP Lanal Banten bersama dengan Satgas Gurindam Sakti 23 Lanal Banten. 

Saat itu, Tim Satgas ASDP Pangkalan TNI Angkatan Laut Banten dan Satgas Gurindam Sakti 23 Lanal Banten menerima informasi awal bahwa akan ada pengiriman rokok ilegal dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera. 

“Kemudian Tim Satgas Gabungan tersebut melaporkan kepada saya selaku Danlanal Banten, kemudian saya memerintahkan untuk melaksanakan penindakan terhadap informasi tersebut,” ujarnya, Rabu 22 November 2023.

Kemudian, Selasa, 21 November 2023, pada saat dua kendaraan jenis minibus Suzuki APV tiba di Dermaga VII Pelabuhan Merak, Tim Gabungan melakukan pemeriksaan dan ditemukan lebih kurang 55 kardus berisi rokok tanpa cukai. 

“Dari hasil pemeriksaan terhadap sopir dan muatan ditemukan berbagai jenis rokok yang memang tanpa cukai di antaranya bermerek Booster 86 sebanyak 320 ribu batang, jenis Mild D sebanyak 32 ribu batang, jenis Aswad 16 ribu batang, jenis SJ 32 ribu batang, jenis SR Premium sebanyak 464 ribu batang, sehingga total seluruhnya 864 ribu batang rokok,” papar Nopriadi.

Pelaku diduga melanggar UU Nomor 39 Tahun 2007 Pasal 29 Tentang Bea Cukai, di mana saksi pengedar rokok ilegal tanpa cukai tersebut dapat dipidana penjara paling singkat satu tahun dan paling lama lima tahun. 

Pengiriman rokok ilegal ini berpotensi merugikan negara dalam bentuk cukai Rp 750 juta hingga Rp800 juta. 

“Kalau total barangnya dari 864 ribu batang iti lebih kurang  Rp 1 sampai Rp 1,1 miliar nilai barangnya, tetapi kalau potensi kerugian cukainya tadi itu,” paparnya.

Menurutnya, penggagalan upaya penyelundupan itu hasil kerja  sama semua pihak antar instansi maritim yang ada di Cilegon dan di Banten.

“Kami dapat informasi awal mulai dari mereka transfer, sampai mereka menuju pelabuhan,” ujarnya.

Bersamaan ribuan batang rokok itu, dua sopir kendaraan pun diamankan.

“Alhamdulillah mereka kooperatif, mereka tidak ada perlawanan dan semuanya lancar,” ujarnya. (*)

Editor : Merwanda

By admin

Leave a Reply