Rafli (lulusan FKM Undip): YOLO, You Only Live Once, Manfaatkan!

Muhammad Rafli merupakan salah satu lulusan Universitas Diponegoro (Undip) dengan IPK 3.92 yang secara resmi telah diwisuda pada upacara wisuda periode ke-173 pada 29 Januari – 02 Februari 2024 di Gedung Prof. Soedarto Kampus Undip Tembalang. Rafli merupakan lulusan dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) jurusan Kesehatan Masyarakat dengan konsentrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Sedikit Informasi mengenai K3, saat ini FKM Undip sudah membentuk Prodi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), untuk info lebih lanjut, silahkan mengunjungi laman https://k3.fkm.undip.ac.id/.

Selain aktif dalam bidang akademik, Rafli juga turut aktif di bidang non akademik. Ia aktif di organisasi, aktif mengikuti berbagai kompetisi, dan mengasah kemampuan serta menambah pengalaman dengan mengikuti magang di perusahaan.

“Saat semester 1 dan 2, saya bergabung di beberapa organisasi baik luar ataupun dalam kampus. Tujuannya untuk melatih kemampuan saya baik softskill ataupun hardskill serta memperluas jejaring relasi di perantauan. Pada semester 3 dan 4, saya mulai aktif mengikuti kompetisi. Kemudian saat semester 5 dan seterusnya, saya mulai memfokuskan kegiatan yang berkaitan dengan persiapan ke dunia kerja,” jelas Rafli.

“Selama berkuliah di Undip, saya benar-benar mendapatkan segala hal yang dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan akademik maupun non akademik. Banyaknya sumber informasi dan sumber belajar yang disediakan oleh Undip, membuat saya mampu memilih keputusan yang tepat guna meningkatkan kualitas diri,” tambahnya.

Tercatat selama ia mengikuti kompetisi, ia berhasil meraih berbagai prestasi yang membanggakan, seperti mendapatkan Silver Medal pada Kompetisi Sains Indonesia POSI Bidang Biologi di Tahun 2021; Finalis sekaligus Presentan Terbaik pada kompetisi Lombok Essay Competition di tahun 2022; Finalis pada kompetisi Essai Nasional (Kompas) Universitas Jember di tahun 2022; Best Team pada kompetisi Business Plan Universitas Mercu Buana di tahun 2022; dan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Peringkat 2 Utama di FKM Undip Tahun 2023.

Menurut Rafli, melalui pendidikan dan organisasi dapat meningkatkan kualitas diri seperti softskill dan hardskill yang akan berguna dalam dunia kerja.

“YOLO, You Only Live Once. Jadi, selagi masih berada di usia produktif seperti ini, why not? Kita mencoba segala hal baru yang positif di hidup kita. Berkaitan dengan hasil akhirnya, tentu akan ada beragam tantangan atau kegagalan selama menjalaninya. Tetapi yakin saja, dibalik hal-hal tersebut akan ada pembentukan pribadi untuk menjadi kuat dan tahan banting,” pesan Rafli.

By admin

Leave a Reply