Polisi Selidiki Dugaan Ijazah Palsu di SMKS 17 Rangkasbitung – Warga Berita

Whatsapp Image 2023 11 22 At 20.06.31.jpeg

LEBAK, Warga Berita – Dugaan ijazah palsu yang dituduhkan ke Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS) 17 Agustus di Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Rangkasbitung saat ini dalam penyelidikan Unit Reserse Kriminal (Unit Reskrim) Polsek Rangkasbitung, Polres Lebak.

Penyelidikan yang dilakukan menindaklanjuti laporan aduan (Lapdu) warga yang resah atas dugaan ijazah palsu yang dilakukan oleh SMK 17 Agustus. Dalam mengungkap kasus tersebut, Polsek Rangkasbitung kini telah melakukan pemeriksaan dan memintai keterangan dari sejumlah saksi.

“Baru lapdu (laporan pengaduan-red). Lagi dalam lidik. Entar dikabari kalau udah digelar (perkara),” jawab Kapolsek Rangkasbitung Ajun Komisaris Polisi (AKP) Pipih Iwan Hermansyah saat dihubungi Warga Berita, Rabu 22 November 2023.

Menurut Pipih, saksi sudah ada yang diperiksa, untuk saat ini sedang dalam proses. Namun ia belum bisa menyebutkan berapa saksi dan dari pihak mana saja yang sudah dimintai keterangan untuk mengungkap kasus tersebut. “Entar itu Kanit Reskrim yang lebih tahu. Yang penting lagi berproses,” ucapnya.

Sementara Kepala Cabang Dinas atau KCD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten Wilayah Lebak, Gugun Nugraha mengatakan akan melakukan klarifikasi dan memanggil pihak sekolah pada 23 November 2023.

“Kami akan panggil pihak sekolah, untuk melakukan klarifikasi terkait dengan kejadian tersebut. Karena ini menjadi perhatian banyak pihak,” ucapnya.

Kejadian sempat ramai setelah warga menggeruduk SMK 17 Agustus di Kampung Babakan Cikarosok, Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak. Dalam aksi tersebut warga hampir adu jotos dengan perwakilan pihak sekolah yang saat tengah melakukan mediasi.

Untuk diketahui ijazah yang bermasalah tersebut, terjadi pada alumni angkatan tahun 2022 sehingga ada salah seorang alumni yang gagal bekerja. SMKS 17 Rangkasbitung berdiri pada tahun 2017 dan merupakan sekolah filial dan pusat berada di SMKS 19 Maret di Kabupaten Pandeglang.

Reporter: Nurandi
Editor: Abdul Rozak

By admin

Leave a Reply