Polisi Sahabat Anak, Kapolres Brebes Sambut Kunjungan Anak Anak TK Randusanga Kulon

Brebes – Polres Brebes Polda Jawa Tengah kembali menerima kunjungan dari sekolah TK atau Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Senin (4/3/2024). Kali ini, taman kanak – kanak Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA) Attaqwa dari Sigempol Desa Randusanga Kulon Kecamatan Brebes.

Kedatangan puluhan anak TK bersama guru pendamping langsung disambut oleh Kapolres Brebes AKBP Guntur M Tariq bersama Wakapolres Brebes Kompol Dodiawan dan sejumlah Kasat serta Perwira Polres Brebes.

Masfupah, guru pendamping yang juga Kepala TK ABA Attaqwa mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai salah satu progam sekolah tentang kegiatan belajar diluar kelas (outing class) dan juga pengenalan secara langsung salah satu profesi, yakni Kepolisian.

Dirinya menyebut bahwa, tema profesi sudah dikenalkan kepada para anak didiknya. Dimana setia hari Kamis, lanjutnya, para murid mengenakan seragam dari berbagai profesi dan yang paling banyak yang dikenakan menurut Masfupah adalah seragam Polisi.

“Suatu kebanggaan bagi kami para guru dan anak didik yang diperkenankan untuk berkunjung di Polres Brebes dan diperkenalkan dengan tugas tugas Polisi. Tentunya dengan kegiatan ini, rasa senang dan bangga dapat dirasakan oleh anak anak yang bisa langsung mencoba dan naik kendaraan dinas milik Polisi,” kata Masfupah.

“Kami sampaikan terimakasih kepada Polres Brebes atas sambutanya,” terangnya.

Sementara itu, Kapolres Brebes AKBP Guntur M Tariq melalui Kasat Binmas AKP Puji Haryati yang mendampingi selama kegiatan mengatakan, kegiatan tersebut memang telah rutin dilaksanakan. Dimana pihak sekolah mengajukan permohonan untuk berkunjung ke Polres Brebes.

“Kami sambut baik kunjungan tersebut dan kegiatan ini sebagai bagian dari impelentasi program Polisi Sahabat Anak,” kata AKP Puji Haryati.

Dalam setiap kunjungannya, seperti biasa pihaknya dibantu beberapa personel dari masing masing satuan menyampaikan materi pengetahuan dasar tertib berlalu lintas seperti pengenalan rambu-rambu, lampu lalu lintas hingga penggunaan helm standar. Serta pengenalan tugas fungsi di Kepolisian lainya.

Selain itu, juga disipkan beberapa kendaraan dinas patroli Satlantas dan juga kendaraan Taktis (Rantis) Polri yang dimiliki Sat Samapta yakni Armoured Water Cannon (AWC) yang berfungsi untuk untuk mengantisipasi tindakan anarkis yang datangnya dari para pendemo saat terjadi unjuk rasa.

Kecerian sangat tampak dari raut wajah anak anak TK ketika diberikan kesempakan untuk bisa naik kekendaraan dinas Polisi. Mereka juga bisa menyaksikan demo langsung saat Rantis Polri menyemprotkan air.

Tak berhenti disitu, kesempatan tersebut juga dimanfaatkan untuk menyampaikan edukasi dan sosaialisasi tentang pelaksanaan Operasi Keselamatan Candi 2024 yang tengah berlangsung selama 14 hari, mulai 4 – 17 Maret 2024.

“Kegiatan ini merupakan hal yang positif dimana bisa memberikan pengetahuan kepada anak sejak dini sehingga ini dapat memperluas wawasan dan menambah ilmu anak anak didik tentang Kepolisian,” pungkas Kasat Binmas. (Hms)

Leave a Reply