PKS Klaim Jadi Satu-satunya Partai yang Penuhi Kuota Minimal 30 Persen Keterwakilan Caleg Perempuan di Semua Dapil

Kurniasih.jpg

image_pdfimage_print

Warga Berita – Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kurniasih Mufidayati mengklaim partainya menjadi satu-satunya partai yang memenuhi kuota minimal 30 persen keterwakilan calon anggota legislatif (caleg) perempuan pada Pemilu Anggota DPR RI 2024 di semua daerah pemilihan.

“Sebagai partai politik, PKS serius dalam menyiapkan kepemimpinan, termasuk dalam hal ini kepemimpinan perempuan sebagai caleg,” kata Kurniasih Mufidayati dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/11).

Keterwakilan perempuan dalam pemilu, kata dia, benar-benar dipersiapkan dengan matang oleh PKS.

Kurniasih mengatakan bahwa dukungan dari pimpinan partai yang sangat besar. Selain itu, besarnya jumlah anggota perempuan PKS menjadi modal dalam memenuhi kuota 30 persen keterwakilan caleg perempuan.

“Terima kasih kepada pimpinan partai dan perempuan PKS yang terus memberikan inspirasi dan dukungan agar PKS bisa memenuhi keterwakilan perempuan sebagaimana amanat undang-undang,” katanya.

Menurut dia, sebagai partai berbasis kader serta mengusung nilai-nilai Islam rahmatan lilaalamin, caleg perempuan PKS bisa dipenuhi dari kaderisasi. Selain itu, keterbukaan PKS menerima bergabungnya para tokoh perempuan dan masyarakat perempuan Indonesia.

Ia pun berterima kasih kepada perempuan Indonesia, tokoh-tokoh, ormas, dan berbagai aktivis perempuan Indonesia yang memberikan kepercayaan kepada PKS.

“Kaderisasi kepemimpinan bagi perempuan PKS yang terus berjalan bisa menghadirkan anggota yang siap berjuang. Di sisi lain, kami juga bersyukur banyak tokoh perempuan dan masyarakat perempuan bergabung bersama PKS,” ungkapnya.

Kurniasih memastikan caleg-caleg perempuan PKS siap berjuang maksimal. Pasalnya, pemenuhan kuota 30 persen ini bukan sekadar pelengkap adminitratif atau memenuhi undang-undang, melainkan perempuan PKS memiliki kapasitas dan kompetensi untuk menjadi wakil rakyat.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan 9.917 orang masuk ke daftar calon tetap (DCT) anggota DPR RI. Sebanyak 11 partai politik memenuhi kuota 580 caleg di 84 daerah pemilihan (dapil).

“Kami tetapkan DCT pada hari ini jumlahnya 9.917 orang meliputi 18 parpol peserta pemilu dan tersebar di 84 dapil,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari dalam konferensi pers di Kantor KPU Pusat, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (3/11).

Dari data KPU, tercatat 11 partai yang memenuhi kuota 580 kursi di 84 dapil, di antaranya PKB, Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, PKS, PAN, Partai Demokrat, PSI, dan PPP.[prs]

By admin

Leave a Reply