Peringati Hari Wayang, Pemkab Jepara Beri Apresiasi Penggiat Seni


Warga Berita, JEPARA – Sebanyak 15 penggiat dan pelestari seni budaya di Kabupaten Jepara menerima penghargaan apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Jepara. Penghargaan diberikan pada malam apresiasi penggiat dan pelestari seni budaya dan dalam rangka Hari Wayang Nasional 2023, di Pendapa Kartini, Selasa (7/11/2023).

Penjabat (Pj) Bupati Jepara melalui Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jepara Musthakim menyampaikan, selama ini Kabupaten Jepara sudah mendunia akan seni ukirnya. Karenanya, dia mendorong para penggiat seni untuk mengespresikan diri dan mengolah cipta seni, karya, dan karsa, seperti seni musik, seni olah suara, seni sastra, seni lukis, maupun seni lainnya, agar dapat menunjukkan karakter asli masyarakat Jepara yang memiliki jiwa seni yang tinggi.

“Jati diri kita tidak boleh hilang, meskipun kita harus berlari dan mengejar kemajuan teknologi,” tandasnya.

Untuk itu, dirinya berharap, agar para generasi penerus, khususnya pelajar diberikan pengetahuan akan seni, khususnya seni budaya. Sebab, para remaja memiliki rasa keingintahuan yang tinggi, termasuk dalam seni, sehingga dia merasa, masa tersebut adalah waktu yang tepat dalam memupuk rasa cinta akan seni budaya kepada anak-anak. Harapannya, seni tersebut akan lestari hingga generasi selanjutnya.

“Jangan sampai anak-anak kita tersesat dan kehilangan jati diri karena tidak mengenal seni,” ucapnya.

Musthakim menambahkan, pihaknya berkomitmen penuh atas kelestarian seni dan budaya di Kabupaten Jepara, dengan memberikan dukungan penuh kepada setiap penggiat, pelestari, dan bakat talenta seni.

(dtk)

By admin

Leave a Reply