Pasca Sweeping, Situasi Pandeglang Kondusif – Warga Berita

PANDEGLANG, Warga Berita–Polisi mengklaim Pandeglang dalam kondisi kondusif usai aksi sweeping warga terhadap oknum bank keliling atau Koperasi Simpan Pinjam alias Kosipa. Warga menghentikan aksi sweeping lantaran Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim menjamin pengeroyok Ustaz Muhyi diproses secara hukum.

Kabag Ops Polres Pandeglang Kompol Yogie Roozandi mengatakan, pihaknya telah meminta tokoh agama, masyarakat, serta ormas untuk menahan diri. “Untuk aksi sweeping sudah tidak ada. Karena Bapak Kapolda memberikan jaminan proses hukum,” kata Yogie kepada Warga Berita, Rabu, 3 April 2024.

Yogie juga telah menyampaikan aparat kepolisian tengah memproses aksi kejahatan para pelaku pengeroyokan.”Untuk kasus Baros dilimpahkan ke Polda untuk proses hukumnya. Dan untuk Polres Pandeglang yang terkena dampak hanya membuat program cooling sistem,” katanya.

Sebelumnya, Kapolres Pandeglang AKBP Oki Bagus Setiaji menjelaskan, aksi sweeping itu dilakukan spontan oleh warga yang peduli terhadap korban.”Mungkin rekan-rekan media mendapatkan informasi bahwa sebelumnya ada kejadian terkait adanya pemukulan yang korbannya adalah salah satunya merupakan warga dari ataupun tokoh dari warga Pandeglang,” katanya.

Dijelaskan Oki, pengeroyokan tersebut terjadi di Kecamatan Baros, Kabupaten Serang. “Biasalah namanya anak muda, komunitas mereka melakukan tindakan-tindakan sweeping. Mencari oknum pelaku pengeroyokan,” katanya.

Menurut Oki, tujuan aksi sweeping ini sebenarnya untuk mencari pelaku yang mengeroyok korban yang merupakan warga Pandeglang. “Kami menghubungi seluruh ketua pimpinan ormas yang ada di Pandeglang. Tokoh agama, tokoh pemuda yang ada di Pandeglang untuk hadir di Polres Pandeglang,” katanya.

Saat berkumpul di Mapolres Pandeglang,Abuya Muhtadi Dimyati yang hadir meminta masyarakat tidak mudah terprovokasi dan menyerahkan kepada aparat kepolisian untuk mengusutnya.

Editor : Merwanda

Leave a Reply