Nasional

Muhammadiyah Salurkan Bantuan Air Bersih Bagi Ribuan Warga Palestina

MUHAMMADIYAH.OR.ID, GAZA – Masalah kemanusiaan di Palestina masih menjadi pusat perhatian dunia. Termasuk aksi kepeduliaan yang terus mengemuka di beberapa negara-negara Barat dan Eropa, tidak terkecuali di kawasan Asia dan benua lainnya.

Bahkan keluarnya resolusi dewan keamanan PBB pada akhir tahun 2023 tak memiliki kekuatan apapun dan berdampak bagi warga Palestina. Faktanya bantuan apapun yang menjadi kebutuhan dasar sulit masuk untuk bisa dirasakan manfaatnya oleh para penyintas.

Lazismu sebagai lembaga amil zakat nasional yang berkolaborasi dengan MuhammadiyahAid, dalam merespons dan memberikan bantuan sampai detik ini masih terus dilakukan. Di raamadhan kemarin Lazismu masih terus menyalurkan bantuan berupa makanan untuk rakyat Palestina.

Tak hanya itu, bantuan alat kesehatan untuk mendukung paramedis telah disalurkan juga dengan menjalin kerjasama kemanusiaan bersama Rumah Sakit Palestina di Mesir dan The Palestine Red Crescent Society pada awal tahun 2024. Bantuan alat medis itu berupa 2 unit automatic external defibrillator dan 1 unit diathermy.

Komitmen bantuan kemanusiaan Lazismu semakin tumbuh kuat dengan hadirnya distribusi air bersih di 3 titik lokasi pada 8 dan 9 Juni 2024. Mitra kolaborasi Lazismu di Palestina yaitu Gazze Destek Derngi (GDD) melalui Yaseen Assayyid selaku GDD Project Manager, mengatakan tiga lokasi yang memeroleh bantuan air bersih adalah kawasan Gaza sebanyak 70.000 liter, Deir al-Balah sejumlah 50.000 liter dan Khan Yunis sebanyak 39.000 liter.

Lebih lanjut, Yaseen merinci untuk kota Gaza dilakukan juga distribusi air bersih pada 10 dan 11 Juni 2024.

“Penerima manfaat dari penyaluran air bersih ini sebanyak 15.900 orang dengan jumlah sekitar 3.975 keluarga, Dalam praktiknya di lapangan dikerahkan 20 unit water tank agar air bersih sampai di lokasi tepat sasaran,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Program Lazismu, Pusat, Ardi Luthfi Kautsar, mengucapkan terima kasih kepada semua donator yang telah memercayakan amanahnya kepada Lazismu. “Alhamdulillah telah terlaksana program bantuan distribusi air bersih bantuan dari Lazismu yang berkolaborasi dengan GDD di Palestina,” pungkasnya.

Pendistribusian ini merupakan komitmen Lazismu sebagai pengelola dana bantuan kemanusiaan. Melalui program bantuan air bersih ini, sambung Ardi, mudah mudahan bisa terus membasahi semangat perjuangan saudara kita di sana.

Program program seperti ini akan terus Lazismu lakukan di samping program perdamaian jangka panjang dan program rehabilitasi jika perang ini berakhir.

“Adapun yang terdekat Lazismu juga akan menyalurkan bantuan hewan kurban untuk rakyat Palestina,” tutupnya.

Shares:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *