KTT ASEAN 2023 Digelar di Jakarta, Pemprov DKI Sifatnya Supporting

Th 39.jpg

Warga Berita, JAKARTA – Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono mengatakan persiapan KTT ASEAN 2023 di Jakarta berjalan lancar. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan.

“Persiapan kita mempersiapkan sarana prasarananya, sifatnya supporting ya. Kita kan udah punya agenda sendiri kemarin, Meeting of Governors and Mayors of ASEAN Capitals (MGMAC),” kata Joko Agus di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 4 September 2023.

Bentuk dari dukungan dari Pemprov DKI, di antaranya pengerahan ribuan personel Satpol PP  dalam pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada 5-7 September 2023. Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan 2.235 personelnya akan dikerahkan untuk menjaga lokasi acara, jalan yang dilewati delegasi hingga hotel tempat delegasi menginap.

Arifin mengatakan ada tiga tugas pengamanan yang akan dilakukan Satpol PP DKI.
“Pertama, mengamankan sekitar kawasan hotel tempat akomodasi para delegasi, kedua jalur-jalur lintasan yang akan dilewati, ketiga tempat kegiatan atau kawasan venue pertemuan semua delegasi,” kata Arifin di Jakarta, Minggu 3 September 2023.

Dalam pembagian tugas tersebut, Satpol PP ikut berjaga selama 24 jam. Ribuan personel akan dibagi menjadi tiga sif, yaitu pagi-siang, siang-malam, dan malam-pagi.

Untuk pengamanan di kawasan hotel tempat tinggal delegasi ASEAN, terdapat 400 personel Satpol PP.

Para personel Satpol PP juga bertugas mengelilingi dan menjaga keamanan di sekitar kawasan 18 hotel para delegasi KTT ASEAN 2023, termasuk menjaga pintu masuk dan keluar hotel. “Setiap titik sudah ada komandan yang bertugas mengendalikan dan memastikan anggota bertugas dengan benar,” ujarnya.

(tka)

By admin

Leave a Reply