Hiburan

Kejuaraan Kendal Berkuda 2023 Diikuti Peserta dari Malaysia | Warga Berita

Img 20231116 211543 696x392.jpg

Warga Berita : Sebanyak 70 peserta mengikuti Kejuaraan Berkuda Equestrian Exchange Program 2023 yang digelar di Wisata Santosa Stabel di Desa Pasigitan Kecamatan Boja, mulai Rabu sampai Minggu (19/11/2023). Kejuaraan Kendal Berkuda kali ini diikuti peserta dari berbagai daerah di Indonesia serta peserta dari negara Malaysia dan Singapura.

Kepala Disporapar Kendal, Achmad Ircham Chalid mengatakan, peserta dari Indonesia sebanyak 60 atlet dari berbagai daerah, serta 12  peserta dari Malaysia dan Singapura. Kejuaraan dibagi dua kelas, yakni kelas Equestrian atau ketangkasan dan kelas HBA atau memanah berkuda. “Untuk kelas pacu, sementara belum bisa dimainkan, karena belum ada treknya,” ujarnya.

Dikatakan, kegiatan ini selain untuk meningkatkan prestasi olahraga berkuda, juga untuk memajukan pariwisata di Kabupaten Kendal. Event kejuaraan Kendal Berkuda ini juga diramaikan berbagai kegiatan, seperti lomba melukis untuk anak-anak, talk show dan lainnya. “Kejuaraan Kendal Berkuda pertama kali digelar pada tahun 2022 dan kejuaraan yang kedua ini diikuti peserta dari luar Indonesia,” katanya.

Pengurus Pordasi Jateng, Mujiono mengatakan, perkembangan olahraga berkuda di Jawa Tengah dari tahun ke tahun cukup siginifikan, meski belum semua daerah membentuk Pengurus Kabupaten. Pordasi Kendal termasuk yang berkembang luar biasa, karena baru berdiri pada tahun 2021, namun sudah menggelar kejuaraan yang kedua.

“Daerah di Jawa Tengah hampir semuanya memiliki klub olahraga berkuda, baik secara pribadi maupun atas nama klub. Sementara ini sedang dilakukan diinventarisir, ” jelasnya.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, dirinya sangat fokus mengembangkan olahraga di Kabupaten. Oleh karena itu terus berupaya meningkatkan sarana prasarana dan fasilitas olahraga yang memadai. Selain itu juga terus menggelar event olahraga tingkat nasional. Pasalnya, olahraga sangat berdampak terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia. “Saya sangat fokus untuk pengembangan olahraga, seperti membangun GOR dan menambah fasilitas-fasilitas olahraga agar prestasi olahraga di Kabupaten Kendal terus meningkat,” harapnya. (FA)

Shares:

Leave a Reply