Daerah

Kebakaran Bukit Teletubbies Kian Meluas Hingga Perbatasan Malang

Warga Berita, PROBOLINGGO  – Kebakaran di bukit Teletubbies atau sabana Lembah Watangan, Sukapura, Kabupaten Probolinggo belum sepenuhnya padam. Hingga hari keempat, titik api terus merambat ke atas perbukitan yang sulit dijangkau. Proses pemadaman dan pengendalian pun dilakukan secara manual oleh tim gabungan.

Ketua Tim Data Evaluasi Pelaporan dan Kehumasan (DEP. HUMAS) Balai Besar TNBTS Hendra mengatakan, kebakaran yang terjadi di kawasan kaldera itu terus meluas. Upaya untuk memadamkam semua titik api sulit dilakukan. Sebab, angin bertiup kencang. Membuat bara api membesar dan terus merambat ke titik lainnya.

”Masih ada titik api di sabana Blok Watangan. Sekarang dalam proses pemadaman dan pengendalian. Posisi titik api di atas bukit yang sulit dijangkau,” katanya.

Baca juga : Prewedding Gunakan Flare, Bukit Teletubbies Bromo Terbakar : 1 Orang Jadi Tersangka

Proses pemadaman ini melibatkan sejumlah pihak. Mulai petugas TNBTS, BPBD, relawanan, mllasyarakat, dan lainnya. Hanya saja, titik api yang berada di atas bukit sulit dijangkau.

”Empat hari sudah kebakaran di kawasan sabana atau Blok Watangan. Terjadi sejak Rabu (6/9) sore. Kami pun tutup total sementara wisata Gunung Bromo sejak Rabu (6/9) pukul 22.00,” tambahnya.

Hendra mengungkapkan, akibat kebakaran yang terjadi di kaldera Gunung Bromo itu, BB TNBTS masih menutup total akses wisata Gunung Bromo. Pihaknya pun berharap, titik api bisa segera dipadamkan secara menyeluruh. Sehingga, wisata Gunung Bromo bisa segera dibuka.

”Untuk luasan lahan yang terbakar masih belum ada rilis resmi dari tim pelaporan. Karena masih ada titik api dalam penanganan tim Dalkarhut,” ungkapnya.

(tka)

Shares:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *