Jenderal Agus Subiyanto Klaim Netralitas TNI dalam Pemilu Tak Perlu Diragukan

Jenderal Agus.jpg

image_pdfimage_print

Warga Berita – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) sekaligus calon Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto, menegaskan netralitas TNI dalam Pemilu tidak perlu diragukan. Karena setiap prajurit sudah mengerti apa yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan.

“Saya sampaikan pada Komisi I, Jangan ragukan kita TNI,” kata Agus usai melaksanakan proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi I DPR RI, Senin (13/11).

“Saya sudah tekankan dan saya sudah memberikan penyuluhan pada prajurit hingga sampai pangkat terendah, mereka sudah kita berikan buku saku, setiap prajurit setiap orang mempunyai buku saku tentang apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak harus dilakukan,” sambungnya.

Selain itu, kata Agus, mengenai netralitas Pemilu, TNI sudah memiliki koridor sendiri. Karena berdasarkan Undang-undang Nomor 34 Tahun 2013, TNI tidak boleh berpolitik praktis, kemudian terdapat juga Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Apabila melanggar undang-undang tersebut, maka akan dikenakan hukuman hukuman pidana ataupun hukuman disiplin dari pimpinan,” katanya menegaskan.

Seperti diketahui, Komisi I DPR RI telah menyetujui Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI baru menggantikan Laksamana Yudo Margono yang memasuki masa pensiun. Persetujuan itu disepakati berdasarkan hasil uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test yang digelar hari ini.[prs]

By admin

Leave a Reply