Jalan Desa di Kawasan Proyek Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Amblas – Warga Berita

Img 20231115 Wa0081.jpg

LEBAK, Warga Berita – Jalan penghubung Desa Kumpay dan Desa Bendungan, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak, yang berada pada kawasan Proyek Tol Serang-Panimbang Seksi 3 amblas, pada Selasa 14 November 2023 lalu.

Akibatnya jalur penghubung dua tersebut saat ini tidak bisa dilalui oleh kendaraan dan juga warga dua yang hendak berpergian dan beraktivitas.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak menjelaskan, jalur longsor tersebut dulunya merupakan bendungan yang saat ini dijadikan lokasi jalan desa sementara.

“Dimana tanah yang ditimbun, karena dulunya situ. Jadi tangannya labil sehingga mengakibatkan amblas,” katanya saat berada di kantornya, Rabu 15 November 2023.

Jalur dua desa yang longsor sangat parah, yang terjadi sekira pukul 08.30 WIB. Saat ini pihak proyek Tol Serang-Panimbang akan melakukan perbaikan dan akan dibuat jalur baru.

“Kemudian untuk solusinya, akan dibuat jalur pengalihan baru. Karena yang menggunakan jalan tersebut adalah masyarakat,” ucapnya.

Untuk diketahui proyek Tol Serang-Panimbang Seksi 3 masuk ke dalamn pengerjaan yang dilakukan oleh pemerintah sepanjang 33 km yang menghubungkan Cileles – Panimbang.

Proyek Tol Seksi 3 ditargetkan selesai pada pertengahan 2024, dan menjadi salah satu tol untuk mendukung ekonomi dan pembangunan di Banten selatan.

Diungkapkan Febby, untuk jalur yang amblas merupakan jalur sementara. Yang kedepannya akan dibangun jalur permanen yakni Flayover yang menghubungkan dua desa.

“Akan dibuat jalur baru, di sebelah Flayover dan akan dibuat dalam waktu tujuh hari. Ketika dibuat jalan tersebut kami minta harus ada safety nya karena lalu lalang kendaraan yang melintas,” ungkap Febby.

Ditambahkannya, untuk sementara waktu warga dialihkan melalui jalur Picung-Kadubana. Sementara untuk keperluan mendesak warga melalui jalur area proyek tol.

“Untuk sementara memang ada jalan kecil, untuk masyarakat masuk pada area tersebut. Sementara untuk kendaraan masyarakat saat ini lewat Picung-Kadubana.Sampai jalan alternatif selesai,” pungkasnya.

Reporter: Nurandi
Editor: Abdul Rozak

By admin

Leave a Reply