Forkopimda Tangerang Siapkan Pengamanan dan Antisipasi Kerawanan Menjelang Idul Fitri  – Warga Berita

TANGERANG, Warga Berita – Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono memimpin rapat koordinasi (Rakor) Forkopimda. 

Hal tersebut dalam rangka menjelang Idul Fitri yang digelar di GSG Puspemkab Tangerang, Kamis 28 Maret 2024.

Rakor Forkopimda tersebut membahas kesiapan pengamanan dan antisipasi kerawanan menjelang hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah, serta membahas isu-isu strategis dan kekinian yang berkaitan dengan Idul Fitri.

“Alhamdulillah, kami telah menggelar rapat Forkopimda, salah satunya membahas ketersediaan bahan pokok jelang lebaran dan juga keamanan dan keselamatan arus mudik,” terang Andi Ony.

Kata dia, sesuai arahan Presiden dan Mendagri, di mana seluruh kepala daerah beserta seluruh perangkatnya dan unsur Forkopimda bisa berkolaborasi untuk mengantisipasi lonjakan inflasi jelang hari raya Idul Fitri. 

“Jadi, sesuai arahan dari bapak Presiden dan Mendagri, pemerintah daerah harus bisa menekan laju inflasi saat lebaran melalui beberapa strategi yakni diantaranya menjaga harga, layanan transportasi, penanganan gejolak harga pangan, memanfaatkan program gerakan pangan murah,” katanya.

Dia juga berharap, semua pihak untuk bisa menjaga sinergitas dan kolaborasi dalam menciptakan stabilitas, baik selama bulan Ramadan maupun saat perayaan Hari Raya Idul Fitri. 

“Untuk itu, kami mohon bantuan dari unsur terkait seperti TNI Polri dan yang lainnya untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama Ramadan dan mudik lebaran tahun ini,” pungkasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang, Achmad Taufik menyampaikan bahwa pihaknya akan menggelar mudik gratis dengan menggunakan sebanyak 26 armada bus untuk tujuan 4 provinsi seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta. 

“Dishub Kabupaten Tangerang akan menyiapkan bus sebanyak 26 unit dalam rangka pelaksanaan mudik gratis lebaran yang secara simbolis akan dilepas pada 4 April mendatang,” ungkap Taufik

Selain itu, pihaknya juga akan bekerjasama dengan unsur TNI, Polri, Dinas Kesehatan, Pol PP dan berbagai unsur terkait untuk melakukan pengamanan di lokasi-lokasi yang menjadi pusat keramaian. 

“Kami akan berkerjasama dengan seluruh unsur terkait untuk mengamankan lokasi-lokasi seperti: titik rawan kemacetan, tempat ibadah, pusat keramaian, pusat perbelanjaan dan tempat wisata,” tukasnya. 

Editor: Abdul Rozak 

Leave a Reply