DKPPP Kota Tangsel Perluas Program RW Mantap – Warga Berita

TANGSEL,Warga Berita-Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Tangsel tahun ini akan memperluas cakupan program RW Mantap (RW Mandiri Ketahanan Pangan).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Tangsel, Yepi Suherman mengatakan, program RW Mantap adalah program memberdayakan masyarakat dalam membudidayakan jenis tanaman produktif konsumtif atau perikanan.

Menurut Yepi, saat ini DKPPP Tangsel telah membina 20 RW. Dan di tahun ini RW-RW lainnya akan dilakukan pembinaan yang sama.

Yepi mengatakan, dalam menanam tanaman produktif konsumtif, lahan yang akan digunakan memanfaatkan lahan fasos-fasum di lingkungan RW setempat.

“Lahan fasos fasum dimanfaatkan untuk tanaman hodrikultural atau dibuat perikanan agar kebutuhan pangan di wilayah itu tersedia,” ujar Yepi di kantornya di Kawasan Pertanian Terpadu (KPT), Jumat 2 Februari 2024.

Yepi mengatakan, jenis tanaman yang akan dimanfaatkan adalah tanaman dengan umur pendek, sehingga panen lebih cepat.

“Jadi 2 bulan atau 3 bulan tanamannnya sudah bisa dipanen dan dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Yepi mengatakan, untuk membangun lahan pertanian atau periknan, anggarannya akan didukung melalui dana Kelurahan, sementara pihaknya hanya akan melakukan pembinaan dan pendampingan. (*)

Reporter: Syaiful Adha
Editor: Agung S Pambudi

By admin

Leave a Reply