Belajar Konsep Sekolah Pencetak Wirausaha Di SMK Muhammadiyah 2 Muntilan

Img 20231103 Wa0009.jpg

Warga Berita, Magelang – Belajar tentang konsep Sekolah Pencetak Wirausaha, SMK Negeri 1 Bawen studi banding ke SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Kabupaten Magelang (2/11). Konsep pembelajaran Kewirausahaan yang dipelajari meliputi, penjadwalan blok, motivasi wirausaha siswa, dan penegelolaan kelas kewirausahaan.

Nana Mulyana selaku Kepala SMK N 1 Bawen memiliki alasan khusus mengapa memilih SMK Muhammadiyah 2 Muntilan sebagai tempat studi banding. Menurutnya SMK Muhammadiyah 2 Muntilan terbukti mampu menerapkan sistem bembelajaran wirausaha dan memotivasi mampu siswanya untuk menjadi pengusaha.

“Kami memilih SMK Muhammadiyah 2 Muntilan untuk studi banding karena sekolah ini sudah terbukti mampu menerapkan sistem pembelajaran kewirausahaan”, Katanya

“Sekolah ini juga menjadi inisiator dan penggerak sekolah berbasis kewirausahaan secara nasional”. Imbuhnya

Untung Supriyadi Kepala SMK Muhammadiyah 2 Muntilan menyambut baik pertemuan tersebut. Untung merasa bangga sekolahnya menjadi tempat rujukan sistem pembelajaran kewirausahaan.

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan menerapkan sistem pembelajaran kewirausahaan terinspirasi dari Hadits Rasulullah Saw yang berbunnyi.

“Wahai Rasulullah, mata pencaharian (kasb) apakah yang paling baik?” Beliau bersabda, “Pekerjaan seorang laki-laki dengan tangannya sendiri dan setiap jual beli yang mabrur (diberkahi).” (HR. Ahmad 4: 141, hasan lighoirihi)

Selain itu dalam menghadapi era 5.0 dimana banyak perusahaan yang mengganti tenaga manusia menjadi tenaga mesin, maka perlu adanya kesiapan bagi lulusan untuk menghadapinya. Pada era 5.0 banyak peluang usaha didalamnya dan di era tersebut banyak fasilitas untuk memajukan usahanya. Tersedianya media sosial dan platform untuk menunjang kewirausahaan menjadi tantangan kita untk melebarkan sayap wirausaha.

Maka SMK Muhammadiyah 2 Muntilan menyiapkan siswanya untuk menghadapi era tersebut dengan berbagai metode pembelajaran yang diterapkan. (NSP)

By admin

Leave a Reply