Baru Dilantik, Ini Tugas Pj Ketua PKK Kudus, Temanggung, dan Banyumas

Warga Berita, SEMARANG – Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Jawa Tengah Shinta Nana Sudjana melantik tiga Pj Ketua PKK Kabupaten Kudus, Temanggung, dan Banyumas, Minggu (24/9/2023).

Ia berharap, mereka dapat bersinergi dengan program pemerintah dalam pencegahan stunting, mencegah penggunaan narkoba, dan menggelorakan gerakan ke Posyandu.

Hal ini dikatakan Shinta, seusai menghadiri Pelantikan tiga PJ Bupati dan Pj TP PKK Kudus, Temanggung dan Banyumas, di Grhadhika Bhakti Praja. Mereka yang dilantik, Laksmi Hanung Cahyo Saputro sebagai Pj Ketua TP PKK Banyumas, Indira Agung Prabowo (Pj Ketua TP PKK Temanggung), dan Yusi Bergas Catursasi (Pj Ketua TP PKK Kudus). Menurutnya, mereka dapat membantu mendukung pembangunan yang dilakukan di Jawa Tengah.

“Tugas kita tidak mudah. Kita harus turun di masyarakat mengampanyekan gerakan hidup sehat, khususnya dalam mencegah stunting, menggerakkan posyandu. Kita juga berupaya menjaga ketahanan keluarga, termasuk mencegah pengaruh narkoba mulai dari keluarga,” ujar Shinta..

Hal senada disampaikan Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana. Ia mengajak Pj Ketua TP PKK mau dan mampu turun ke masyarakat, untuk mengampanyekan program pemerintah dan memupuk kreativitas masyarakat.

“Kampanyekan gerakan hidup sehat, memupuk kreatifitas sehingga menjadi usaha mencegah perkawinan bocah,” sebutnya.

Nana menyebut, dengan mengintensifkan gerakan turun ke bawah, diharap mampu mencegah persoalan yang kemudian hari timbul. Seperti perkawinan bocah (anak) yang dapat memicu persoalan rumah tangga, kesehatan anak, hingga kesehatan mental.

“Artinya, PKK bisa mengoordinasikan atau bersama pemerintah mengajak warga, khususnya ibu-ibu mengimplementasikan 10 program pokok PKK demi terwujudnya program daerah,” pungkas Nana.

(dtk)

By admin

Leave a Reply