26 Ribu APK di Banten Belum Ditertibkan – Warga Berita

Whatsapp Image 2023 11 16 At 20.16.51.jpeg

SERANG, Warga Berita – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banten mencatat terdapat 26 ribu Alat Peraga Kampanye (APK) tersebar di Provinsi Banten belum ditertibkan.

Puluhan ribu APK itu telah menyalahi dua aturan yakni aturan kampanye yang telah diatur oleh KPU RI dan Peraturan Daerah (Perda) tentang Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan alias K3 di Banten.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran pada Bawaslu Provinsi Banten, Badrul Munir mengatakan, APK sendiri baru lah dapat dipasang jika sudah memasuki masa kampanye.

 “Saat ini kita masih belum memasuki tahapan kampanye, sehingga APK belum boleh dipasang,” kata Badrul kepada Radar Banten, Kamis 17 November 2023.

Badrul mengatakan, pihaknya sendiri terus melakukan penertiban APK disejumlah lokasi di Provinsi Banten. Hingga bulan Oktober kemarin, pihaknya sudah menertibkan 32 ribu lebih APK yang tersebar di Provinsi Banten. Puluhan ribu APK itu jika dinominalkan maka akan senilai Rp3,2 Milliar.

 “Kita punya data lengkap mengenai APK yang tersebar di Banten, kemarin kita sudah turunkan 32 ribu APK. Dan kini masih ada 26 ribu APK lagi yang masih belum ditertibkan,” kata Badrul.

Ia mengakui bahwa pihaknya kerap menemukan APK yang dipasang di titik yang dilarang oleh KPU seperti di lingkungan Pemerintahan, sekolah, sarana peribadatan, dan fasilitas umum.

 “Kita menemukan APK yang dipasang yang ditempat resmi dan memiliki izin seperti vidio tron dan billboard disejumlah titik di kota besar. Kita pun sudah berkoodinasi dengan lembaga terkait bahwa APK berbentuk iklan itu sudah menyalahi peraturan,” ungkapnya.

Lebih jauh, Badrul menyebut pihaknya akan terus berkoordinasi dengan lembaga pemerintahan terkait seperti Satpol PP untuk terus menertibkan APK nakal disejumlah titik.

Sementara, Ketua Devisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat pada KPU Provinsi Banten Aas Satibi mengatakan, masa kampanye Pemilu 2024 belum lah dimulai. Al hasil APK yang sudah terpasang pun sudah menyalahi aturan.

 “Tahapan kampanye baru dimulai pada tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kita juga berkoodinasi dengan Bawaslu tentang pemasangan APK yang sudah marak terpasang di Banten ini,” pungkasnya.

Editor : Merwanda

By admin

Leave a Reply