Wali Kota Komitmen Terapkan 6 Pilar Transformasi Kesehatan

2 7.jpg

Kota Pekalongan- Warga Berita– Bertepatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) pada tanggal 12 November, Pemerintah Kota Pekalongan, koimtmen menerapkan 6 (enam) pilar transformasi kesehatan

Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid yang membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin pada Peringatan HKN 2023 yang menekankan 6 (enam) pilar transformasi kesehatan penopang sistem kesehatan Indonesia yang harus dibangun bersama dengan serius dan terus menerus.

“Adapun 6 pilar tersebut yakni pilar layanan primer, pilar layanan transformasi rujukan. Kemudian, pilar layanan transformasi sistem layanan ketahanan kesehatan, pilar layanan transformasi pembiayaan kesehatan, pilar layanan transformasi sumber daya manusia kesehatan, pilar layanan transformasi teknologi kesehatan,” kata Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid dalam Upacara HKN ke-59 Tahun 2023 di Lapangan Setda Kota Pekalongan, Senin (13/11/2023).

Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid mengatakan, pelayanan primer harus memberikan akses layanan kesehatan dasar kepada seluruh masyarakat, dengan mengedepankan layanan promotif dan preventif berdasarkan siklus hidup manusia.

“Untuk SDM, harus dilengkapi dengan puskesmas, puskesmas pembantu (Pustu), laboratorium kesehatan masyarakat (Labkesmas) dan memenuhi hak hak SSM secara adil dan berkelanjutan. Saya juga mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berperan membangun kesehatan, dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar. Mari kita bangun bersama tubuh dan jiwa yang sehat dan kuat, demi Indonesia Emas 2045,” tandas Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid.

 


Post Views: 6,012

By admin

Leave a Reply