SD Muhammadiyah 1 Muntilan Latih Siswanya Peka Realitas sosial

Whatsapp Image 2023 11 20 At 05.10.10.jpeg

Magelang – Memperingati Milad ke 111 Muhammadiyah, SD Muhammadiyah 1 Muntilan (SD MUSA) mengadakan bakti sosial di Muntilan (18/12). Kegiatan yang dilaksanakan oleh sie keagamaan SD Musa ini diikuti seluruh siswa dan menyasar warga sekitar sekolahan. Tujuan kegiatan bakti sosial adalah mendidik siswa agar peduli terhadap realitas sosial di masyarakat sekitar.

“Partisipasi dalam kegiatan bakti sosial sejak usia dini memiliki makna yang sangat penting dalam perkembangan anak, diantaranya mengembangkan empati dan kepedulian terhadap kebutuhan dan penderitaan orang lain”, kata Nur Fazanah selaku kepala sekolah.

“Selain itu membentuk nilai moral dan etika, mengenalkan realitas sosial yang beragam, mengembangkan keterampilan sosial, meningkatkan rasa percaya diri, mengenalkan konsep kewarganegaraan yang aktif dan bertanggungjawab, serta membentuk sikap menerima dan menghargai keberagaman dalam masyarakat. Diharapkan dengan melibatkan anak-anak dalam kegiatan bakti sosial sejak usia dini dapat membentuk individu yang peduli dan bertanggung jawab secara sosial. Menurut kepala sekolah:, Imbuhnya.

Adapun bentuk bakti sosial adalah dengan membagikan sembako yang disiapkan oleh wali murid dan pembagiannya diakomodir pihak sekolah.

Selain untuk melatih siswa peka terhadap realitas sosial, kegiatan ini diharapkan dapat diterapkan dilingkungan maing-masing siswa.

“Semoga peserta didik juga bisa menerapkan dan mengaplikasikan dilingkungan tempat mereka tinggal”, kata Widyaningsih, S.Pd selaku guru.

Alya salah satu siswa SD Musa menuturkan bahwa kegiatan bakti sosial yang diadakan sangat baik. Kegiatan tersebut menurut Alya bisa mendidik untuk mau berbagi kepada orang yang membutuhkan. Serta menumbuhkan rasa kasih sayang sesama manusia.(NSP)

By admin

Leave a Reply