Daerah

Purbalingga Targetkan Pengumpulan 32 Ribu Bendera untuk HUT RI ke-79

PURBALINGGA INFO – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 pada tahun 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga melakukan penghimpunan dan pembagian bendera Merah Putih kepada masyarakat se-Kabupaten Purbalingga.

“Target tahun 2024 adalah mengumpulkan 32 ribu bendera Merah Putih berukuran 90×60 cm yang harus sudah terkumpul pada tanggal 30 Juni 2024,” kata Sekretaris Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Purbalingga, Kustinah, dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2024 di Ruang Rapat Bupati, Kamis (13/6/24).

Kustinah, menjelaskan bahwa kegiatan ini mendasari surat dari Mendagri kepada seluruh Gubernur/Bupati/Walikota Nomor: 400.10.1.1/2152/SJ tanggal 8 Mei 2024 tentang Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2024. Sehubungan dengan edaran tersebut, Kabupaten Purbalingga telah menerbitkan Surat Edaran Bupati Nomor: 700/9218 tanggal 30 Mei 2024 tentang Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih.

Kustinah menekankan pentingnya kegiatan ini untuk menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia. Kegiatan ini merupakan gerakan nasional yang sudah memasuki tahun ketiga, setelah pertama kali dilaksanakan pada tahun 2022.

“Pencanangan gerakan ini dijadwalkan mulai 1 Juni hingga 17 Agustus 2024, akan tetapi yang perlu digaris bawahi agar pencanangannya dilaksanakan lebih awal sesuai saran dari Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri RI,” katanya.

Kustinah menambahkan, pelaksanaan kegiatan ini akan melibatkan partisipasi dan swadaya masyarakat, baik secara pribadi maupun melalui kelompok ormas, parpol, serta unsur pemerintahan dan swasta. Pada tahun 2023, Kabupaten Purbalingga menerima penghargaan dari Mendagri sebagai salah satu dari lima kabupaten terbaik di Indonesia, dan berhasil mengumpulkan bendera Merah Putih sebanyak 31.632.

Sementara itu Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat, Suroto, berharap kegiatan tersebut dapat dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, agar seluruh target bisa terwujud.

“Harapan besarnya adalah selama sebulan masa peringatan hari kemerdekaan itu Kabupaten Purbalingga dipenuhi dengan warna Merah Putih. Untuk tahun ini, kita harus mempersiapkannya dengan baik dan mengingatkan satu sama lain untuk mencapai target yang telah ditetapkan,”.Pungkasnya (Ad/Kominfo)

Shares:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *