Pendidikan

Program World Class Professor di UNSOED

Hijab

[unsoed.ac.id, Ming, 19/11/23] Program World Class Professor (WCP) merupakan program hibah kompetitif yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan tinggi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dosen di perguruan tinggi Indonesia melalui kerjasama dengan para professor kelas dunia dari perguruan tinggi dengan ranking QS WUR 300 terbaik dunia.

Program WCP tersebut meliputi kegiatan akademik yang harus dilakukan di universitas mitra dan di universitas tempat dosen pengusul. Pada tahun 2023, salah satu dosen di UNSOED, yaitu Condro Wibowo, S.TP., M.Sc., Ph.D. mendapatkan hibah tersebut setelah mengikuti rangkaian seleksi secara desk evaluation maupun tahap interview.

WCP yang menjadi mitra adalah Prof. Dr. E. Pawelzik dari Georg-August University of Goettingen Jerman. Pada bulan September Condro Wibowo, S.TP., M.Sc., Ph.D. melakukan kegiatan akademik di Condro Wibowo, S.TP., M.Sc., Ph.D. yang meliputi inisiasi kerjasama, persiapan joint publication. Selama berada di Goettingen, Condro Wibowo, S.TP., M.Sc., Ph.D. juga berdiskusi dengan Dr. Uwe Muss, Director of International Office of Georg-August University of Goettingen. Selain itu, diskusi mengenai inisiasi kerjasama juga dilakukan dengan Dr. Birgit Baden-Laeufer, Director of International Office of Leibniz University of Hannover.

Kegiatan berikutnya adalah kunjungan dari Prof. Dr. E. Pawelzik ke UNSOED untuk sharing pengalaman dan keahlian beliau dalam bidang Teknologi Pangan maupun kerjasama internasional. Beliau tinggal di Purwokerto selama 9 hari dengan melakukan kegiatan sebagai pembicara pada Seminar Internasional, melakukan kegiatan kuliah tamu, serta sharing session tentang studi lanjut dan beasiswa di Jerman.

Rangkaian kegiatan WCP diakhiri dengan adanya kegiatan Annual Seminar World Class Professor 2023 yang diselenggarakan di Hotel Grand Hyatt di Nusa Dua Bali pada tanggal 13-15 November 2023. Pada forum ini disampaikan hasil kegiatan pada Program WCP serta pemaparan dari para pembicara yang berasal dari beberapa negara. Tema pada seminar tahun ini adalah “Kolaborasi Akademisi Menuju Sumber Daya Manusia Unggul”.

#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia

 

Shares:

Leave a Reply