Pendidikan

Produk Fresh Jamur Milik Mahasiswa UNS Raih Juara 3 KMI Expo di Bali

UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjadi juara dalam  Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XIV tahun 2023. Tim Mahasiswa UNS meraih juara 3 pada kategori Budidaya. Mereka mengusung produk bernama Fresh Jamur, sebuah bisnis usaha budidaya jamur tiram higienis dan sehat. 

Fresh Jamur digagas oleh dua Mahasiswa Program Studi (Prodi) S-1 Peternakan Fakultas Peternakan (Fapet) UNS. Mereka adalah Ine Febriantama dan Rafid Haris Kurniawan. Pengembangan produk Fresh Jamur mendapat bimbingan oleh Dr. Ayu Intan Sari, S.Pt., M.Sc. dan Putri Permatasari, S.P., M.Si.

Pada mulanya, Ine dan Rafid mengusung Fresh Jamur pada Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW). Program ini diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI. Penyelenggaraan P2MW berlangsung sejak Maret hingga Oktober 2023. Rentang waktu ini merupakan babak seleksi dan pelaksanaan kegiatan wirausaha yang telah diusulkan.

Usaha yang mereka usulkan bergerak di bidang agribisnis, yaitu budidaya jamur tiram. Nama dari usaha ini adalah “FRESH JAMUR: Budidaya Jamur Tiram Higienis dan Sehat”. Usaha ini memiliki segudang keunggulan. Produk jamur tiram yang mereka budidayakan sangat berkualitas dan rekam jejak penjualan yang baik. Tim Fresh Jamur telah melalui proses seleksi proposal yang ketat untuk lolos pendanaan P2MW dari Belmawa.

Usaha mereka kemudian dinyatakan lolos sebagai produk utama yang mengikuti KMI Award pada pelaksanaan KMI Expo tahun 2023. KMI Expo 2023 sebagai puncak acara P2MW berlangsung selama 5 hari, yakni 13–17 November 2023. Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menjadi tuan rumah perhelatan KMI Expo 2023. Tim Fresh Jamur kembali bersaing untuk dapat maju ke ajang KMI Expo 2023. Tahun ini, sebanyak 371 perguruan tinggi dan 493 tim turut serta memperebutkan piala KMI Award.

“Tim Fresh Jamur telah melalui berbagai tahap yang panjang untuk sampai pada ajang KMI EXPO ini. Saat babak final ini kami melakukan expo produk selama 3 hari serta presentasi produk dan usaha kepada juri dan pengunjung yang mengunjungi stan kami.  Alhamdulillah setelah proses yang panjang tim Fresh Jamur berhasil meraih juara 3,” ungkap Ine Febriantama.

Ine Febriantama juga berharap bahwa kedepannya usaha Fresh Jamur dapat terus berkembang, memberikan banyak manfaat, dan dapat menjadi lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Produk Fresh Jamur

Berdiri sejak tahun 2022, Ine dan Rafid menjalankan usaha Fresh Jamur pada sebuah rumah produksi yang terletak di Dukuh Tarub RT 02 RW 02, Tarub, Sembungan, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Mereka memiliki kumbung dengan kapasitas 8.000 baglog jamur tiram. Oleh karena itu, produk ini mampu menghasilkan 25–30 Kg per hari

Mereka memiliki komitmen untuk mengelola usaha Fresh Jamur dari hulu hingga hilir. Mulai dari produksi, budidaya, pengolahan, hingga distribusi & pemasaran. komitmen ini dibangun untuk memberdayakan potensi dan SDM lokal yang ada di lingkungan sekitar lokasi budidaya.

Keunggulan Fresh Jamur yaitu jamur tiram yang dihasilkan memiliki ukuran lebih besar, tebal, dan bersih. Hal tersebut dikarenakan pemilihan penggunaan bibit jamur tiram yang berkualitas dan proses budidaya yang dilakukan dengan sepenuh hati.

“Untuk menjaga kepuasan para pelanggan, Fresh Jamur berkomitmen untuk selalu memberikan jamur tiram yang terbaik karena kepercayaan dan kepuasan dari pelanggan adalah aset bagi kami,” ujar Ine Febriantama. Humas UNS

Reporter: R. P. Adji

Redaktur: Dwi Hastuti

Shares:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *