Perluas Jaringan dengan Dunia Industri, FMIPA UNS Jalin Kerja Sama dengan PT Etana – Universitas Sebelas Maret

Perluas Jaringan Dengan Dunia Industri Fmipa Uns Jalin Kerja Sama Dengan Pt Etana 1.jpeg

UNS – Dalam rangka memperluas jaringan kerja sama dengan dunia industri, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama dengan PT Etana Biotechnologies Indonesia (PT Etana). PT Etana adalah sebuah perusahaan yang menyediakan produk biofarmasi yang diklaim produknya berkualitas tinggi, terjangkau, dan inovatif untuk mengobati berbagai penyakit metabolik, autoimun, dan penyakit yang mengancam jiwa, termasuk kanker.

Kerja sama Warga Berita FMIPA UNS dan PT Etana dituangkan dalam naskah perjanjian kerja sama yang ditandatangani oleh Dekan FMIPA UNS, Drs. Harjana M.Si., M.Sc., Ph.D. dan Nathan Tirtana selaku Direktur Utama PT Etana Biotechnologies Indonesia. Penandatanganan naskah perjanjian kerja sama dilaksanakan pada Kamis (9/11/2023) bertempat di ruang rapat PT Etana, Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Maksud dari perjanjian kerja sama ini adalah untuk menyelaraskan program pemerintah dalam pengembangan kegiatan bidang pendidikan dan penelitian Warga Berita pihak perguruan tinggi dan pihak industri. Diantaranya adalah praktek magang mahasiswa regular dan magang mahasiswa selama 6 bulan dalam rangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Program dari pemerintah terkait MBKM sangat bagus dimana mahasiswa bisa berkesempatan untuk belajar di luar kampus mempraktekkan ilmunya. Sehingga harapannya ada efisiensi dari lulusan perguruan tinggi dalam beradaptasi dengan dunia kerja,” ujar Harjana, dihadapan dr. Ita Widjajanti Sandjaja selaku Head Of Human Resources & General Affair PT Etana beserta staf.

Selain terkait dengan kegiatan magang mahasiwa, kerja sama juga terkait dengan praktek penelitian bersama dalam rangka skripsi maupun dalam kerangka proyek penelitian bersama yang melibatkan mahasiswa. Dan juga kolaborasi dalam bidang penelitian yang melibatkan tim dari PT Etana maupun dari FMIPA UNS.

Diharapkan dari kerja sama ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Dari PT Etana diuntungkan karena beberapa kegiatan di perusahaan bisa ditangani oleh mahasiswa magang. Demikian juga dari pihak perguruan tinggi diuntungkan dengan adanya kegiatan magang, dimana mahasiswa bisa mempraktekkan ilmu yang didapatkan di bangku perkuliahan. HUMAS UNS

By admin

Leave a Reply