Pendidikan

Muhammad Valdi (Wisudawan FH UNDIP): Jangan Ragu Memulai, Yakin dan Berusahalah

Valdi Alumni Scaled.jpg

Kesibukan di luar kuliah, tidak membuat Muhammad Valdi, wisudawan dari Fakultas Hukum Universitas Diponegoro lantas melupakan tugas utamanya untuk kuliah tepat waktu. Peraih IPK 3.67 ini banyak mengikuti organisasi seperti Kelompok Riset dan Debat, Himpunan Mahasiswa Islam, dan Pusat Studi Hukum Ekonomi Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Selain itu, ia juga aktif mengikuti perlombaan dibidang hukum bisnis tingkat nasional, seperti Legal Opinion Competition, Contract Drafting and Negotiation Competition, Paper Presentation Competition, dan Arbitration Moot Court Competition, Debat Hukum dan Peradilan Semu. Ia juga aktif menekuni hobi olah raga Muay Thai dan Brazilian Jiu-Jitsu.

Ia mengikuti lomba Debat Internal di Diponegoro Law Fair meraih posisi Finalis, kemudian dilanjut dengan mengikuti perlombaan Internal Moot Court Competition sebagai Juara 2 pada tahun 2019. Serta beberapa lomba hukum tingkat nasional sejak 2020 hingga lulus pada tahun 2023 dengan rincian prestasi Warga Berita  lain: Juara 1 Contract Drafting and Negotiation Competition di Olimpiade Kampus, yang diselenggarakan PLEADS FH Unpad pada tahun 2020; Finalis Contract Drafting and Negotiation Competition di Piala Hafni Sjahruddin ke-11 yang diselenggarakan Business Law Society FH UI pada tahun 2021; Juara 2 Paper Presentation Competition di National Business Law Summit yang diselenggarakan PCLC FH Unnes pada tahun 2021; Juara 1 Legal Opinion & Berkas Terbaik di Gadjah Mada Business Law Competition yang diselenggarakan Business Law Community FH UGM pada tahun 2022; dan semifinalis Badan Arbitrase Nasional Indonesia Moot Court Competition yang diselenggarakan Badan Arbitrase Nasional Indonesia pada tahun 2022.

“Pengalaman selama kuliah di FH Undip tentunya sangat berkesan bagi saya. Mengingat, saya sendiri merupakan alumni gapyear sebelum akhirnya menjadi mahasiswa Fakultas Hukum Undip pada tahun 2019. Menjadi bagian dari keluarga besar Fakultas Hukum Undip merupakan kebanggaan tersendiri baginya. Sarana dan prasarana, organisasi, alumni, mahasiswa, serta segenap pejabat beserta jajarannya yang berada di Fakultas Hukum sangat terbuka dan memberikan dukungan seluas-luasnya pada minat dan bakat mahasiswa dalam mengeksplorasi diri untuk mengikuti perlombaan baik akademis maupun non akademis,” kata Valdi.

Lebih lanjut ia mangatakan jaringan alumni Fakultas Hukum Undip yang tersebar diberbagai instansi yang sangat suportif dan menaruh perhatian kepada junior-juniornya tentunya sangat memudahkannya dengan tim saat melakukan riset hukum terkait dengan perlombaan yang mereka ikuti secara khusus dan membantunya dalam mengetahui seluk beluk berbagai profesi hukum secara komprehensif yang berguna untuk dapat menentukan dan meraih cita-cita  berprofesi sebagai corporate lawyer secara umum.

“Bagi saya pendidikan dan organisasi merupakan satu kesatuan yang penting untuk setiap mahasiswa dimanapun berada. Pendidikan memberikan kita kemampuan berpikir dan analisis yang lebih komprehensif dalam ‘membaca’ dan menjawab permasalahan yang ada serta adaptif dalam mengikuti perkembangan jaman. Organisasi merupakan wadah yang sangat baik bagi mahasiswa dalam mempelajari dan melatih hard skills dan soft skill serta untuk mengembangkan potensi, minat dan bakat yang dimiliki,” ujarnya.

“Prestasi dan pencapaian yang saya raih selain merupakan hasil kerja keras tim dan doa restu orang tua, tentunya tidak terlepas dari bantuan dari seluruh dosen-dosen, researcher, alumni-alumni serta senior-senior dan pihak-pihak lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu. Tentunya pengalaman berkesan tersebut tidak akan bisa saya dapatkan apabila tidak mengikuti organisasi. Oleh karena itu, kepada Dipo Muda secara umum serta generasi penerus Fakultas Hukum Undip secara khusus, jangan ragu ataupun takut untuk mengikuti berbagai organisasi dan perlombaan yang ada karena sebagaimana yang dikatakan Helen Hayes, ‘The expert at anything was once a beginner’. Jangan ragu untuk memulai langkah pertama dalam memperjuangkan apapun. Yakinkan dengan iman, usahakan dengan ilmu dan sampaikan dengan amal,” pungkasnya. (LW-Humas)

Shares:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *