Lima Makanan yang Ampuh Mengatasi Nyeri Sendi Secara Alami

Nyeri Sendi.jpg

Jakarta, Warga Berita – Nyeri Sendi masih menjadi masalah kesehatan yang mengintai masyarakat, tidak hanya kelompok usia lanjut, tapi juga orang dewasa yang masih dalam usia produktif. Adakah cara alami yang ampuh mengatasi nyeri sendi?

Gaya hidup yang kurang sehat, seperti terlalu banyak mengkonsumsi fast food, makanan manis, dan berlemak menjadi salah satu faktor pemicu yang dapat meningkatkan risiko nyeri sendi.

Apabila hal ini terjadi, tentu saja dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Terlebih persendian memiliki peran penting bagi pergerakan tubuh dan sudah selayaknya menjaga kesehatan sendi menjadi salah satu prioritas bagi setiap orang.

Untuk itu, penting untuk memperbaiki asupan makanan agar mengurangi resiko nyeri sendi, menguatkan tulang dan menunjang sistem daya tahan tubuh. Lalu, apa saja makanan yang dapat dikonsumsi untuk menjaga Kesehatan sendi?

Baca Juga: Kumpulan Resep Makanan Sahur Simple dan Bergizi

1. Seafood

Seafood yang berasal dari golongan krustasea seperti udang, lobster atau kepiting mengandung glukosamin yang dapat membantu memelihara kesehatan sendi serta mengurangi keluhan nyeri, pembengkakan, dan kekakuan pada osteoarthritis.

2. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa yang dapat berperan sebagai anti inflamasi dan dapat mengurangi gejala nyeri sendi. Selain itu, bawang putih juga dapat meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan tertentu untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Sayuran Hijau

Ragam sayuran seperti kembang kol, jamur dan brokoli baik dikonsumsi untuk Kesehatan sendi karena mengandung sifat anti-inflamasi yang penting untuk membantu mengurangi gejala radang sendi. Selain itu, Sulforafan yang terdapat dalam sayuran hijau juga dapat menghambat pembentukan enzim yang menyebabkan peradangan pada tulang dan sendi.

4. Buah-buahan

Buah dari kelompok beri seperti stroberi, blackberry, blueberry, raspberry dan cranberry banyak mengandung antioksidan dan memiliki kemampuan untuk melawan arthritis atau radang sendi. Anthocyanin yang ditemukan pada kelompok buah tersebut memiliki efek anti radang. Selain itu, buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, anggur, dan limau juga dapat menjaga kondisi sendi agar tetap sehat.

5. Susu dan produk olahannya

Beragam produk susu rendah lemak secara rutin dapat menurunkan tingkat keparahan osteoartritis pada lutut. Selain itu, produk olahan susu, seperti yoghurt dan keju kaya akan kalsium dan vitamin D terbukti dapat meningkatkan kekuatan otot, serta menunjang sistem daya tahan tubuh.

Selain menerapkan gaya hidup sehat dan mengkonsumsi ragam makanan tersebut, bagi mereka yang sudah terlanjur mengalami nyeri sendi, dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi suplemen sendi seperti Viostin.

“Komponen suplemen utama yang dibutuhkan oleh sendi adalah glukosamin dan kondroitin, kandungan ini sangat bermanfaat untuk mencegah maupun mengatasi nyeri sendi,” papar dr Herwindo Ridwan, SP. OT, dalam keterangan yang diterima Suara.com.

Selain memiliki kandungan utama glukosamin dan kondroitin, Viostin juga mengandung magnesium, mangan, zinc dan vitamin C yang sangat bermanfaat meredakan nyeri sendi. Suplemen yang sudah bersertifikat Halal dan sudah dipercaya selama 10 tahun ini juga dapat bekerja membantu memperbaiki osteoarthritis, rematik dan berbagai masalah pada sendi dan tulang rawan tanpa perlu khawatir efek samping. (Sumber Suara.com)

By admin

Leave a Reply